Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 12 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 12 Juni:

Kilas Balik Juni

1994: Nicole Brown Simpson, mantan istri pemain football O.J. Simpson, dan temannya Ronald Goldman menjadi korban pembunuhan berdarah; O.J. didakwa dengan kejahatan, dan sidang Simpson yang berakhir dengan pembebasan itu membuat seluruh masyarakat Amerika terpaku selama berbulan-bulan.

1991: Gunung Pinatubo, gunung berapi di Filipina utara yang memiliki tinggi 1.760 meter, meletus setelah lama tidak aktif selama 600 tahun; selama empat hari terjadi semburan lumpur vulkanik tebal, atau lahar, menyebabkan 800 orang tewas dan sekitar 50.000 orang kehilangan tempat tinggalnya.

1964: Pemimpin Kongres Nasional Afrika, Nelson Mandela, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di Pulau Robben di Afrika Selatan.

1963: Pejuang hak-hak sipil Mississippi, Medgar Evers, ditembak dan dibunuh di depan rumahnya; seorang pejuang supremasi kulit putih, Byron De La Beckwith, yang melakukan tiga kali percobaan pembunuhan, didakwa pada tahun 1994, dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

1898: Emilio Aguinaldo mendeklarasikan kemerdekaan Filipina dari Spanyol; ia menjadi presiden pertama Republik Filipina pada bulan Januari tahun 1899, tetapi sementara itu Spanyol telah menyerahkan Filipina ke Amerika Serikat, yang menegaskan kontrolnya dalam Perang Filipina-Amerika.

1859: Comstock Lode, yang merupakan wilayah tambang perak terkaya dalam sejarah Amerika Serikat, ditemukan di Nevada; nama tambang ini diambil dari Henry T.P. Comstock, yang melakukan klaim atas tambang itu namun menjual habis semua kepemilikannya dengan keuntungan kecil.

1775: Dalam pertempuran laut pertama Revolusi Amerika, warga pelabuhan Maine dari Machias menyerang dan merebut kapal cutter Inggris Margaretta.

Komentar Anda