Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 11 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 11 Juni:

Kilas Balik Juni

2008: Fermi Gamma-ray Space Telescope, sebuah observatorium ruang angkasa, diluncurkan; proyek ini adalah kolaborasi yang melibatkan Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Swedia, dan Amerika Serikat.

2002: Di Afghanistan, mantan raja Zahir Shah menyelenggarakan rapat Loya Jirga (dewan agung) untuk memilih kepala negara dan Otoritas Transisi berbasis luas untuk memerintah negara ini hingga sebuah pemerintahan yang sepenuhnya representatif bisa terpilih (dalam dua tahun); Loya Jirga kemudian memilih Hamid Karzai, kepala dewan eksekutif interim, sebagai presiden.

1987: Iron Lady, Margaret Thatcher dari kelompok konservatif, menjadi perdana menteri Inggris pertama dalam 160 tahun terakhir yang mampu memenangkan kursi perdana menteri untuk tiga periode berturut-turut.

1942: Amerika Serikat dan Uni Soviet menandatangani perjanjian Lend-Lease dimana Amerika Serikat berjanji untuk menyediakan bantuan material pada Rusia dalam Perang Dunia II.

1847: Sebagaimana tertulis pada batu prasasti yang kemudian ditemukan di Kutub Utara Kanada, penjelajah Inggris Sir John Franklin meninggal dunia ketika sedang mencari Northwest Passage; ia sebenarnya sudah menemukannya, tapi menghilang dengan dua kapal dan awak kapalnya, yang terakhir terlihat pada bulan Juli 1845.

1776: Kongres Kontinental Kedua melakukan rapat di Philadelphia, menunjuk Thomas Jefferson untuk mengepalai sebuah komite yang terdiri atas lima anggota untuk mempersiapkan Deklarasi Kemerdekaan untuk koloni Amerika; ini adalah bentuk pemberontakan penuh terhadap pemerintahan Inggris.

1770: Kapten James Cook menemukan Great Barrier Reef secara tidak sengaja ketika sedang menyusuri laut di atasnya.

Komentar Anda