5 Hal Mengejutkan Tentang Kanker Kulit

Penyakit kanker kulit terus meningkat dan semakin lama semakin banyak anak muda yang didiagnosis menderita kanker kulit. Apa yang tidak disadari kebanyakan orang adalah fakta bahwa kanker kulit sangat bisa dicegah. Bahkan, kanker kulit adalah jenis kanker yang paling mudah dihindari. Berikut 5 hal mengejutkan tentang kanker kulit yang bisa kita ketahui bersama.

Foto Paparan Sinar Ultraviolet

1. Sekitar 90% dari kanker kulit non-melanoma disebabkan oleh paparan sinar ultra-violet.

Sinar UV matahari adalah penyebab utama sebagian besar kasus kanker kulit non-melanoma. Paparan sinar UV bisa datang ketika seseorang sedang berada di luar ruangan tanpa mengenakan pelindung, berbaring di tanning bed, dan bahkan melalui jendela mobil atau rumah.

2. Hampir setiap jam satu orang meninggal dunia karena melanoma.

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa kita tidak bisa mati karena kanker kulit. Sayangnya, sekitar 8.000 orang meninggal dunia karena melanoma di Amerika Serikat. Yang menyedihkan adalah sebenarnya sebagian besar kematian ini dapat dicegah dengan mengikuti metode pencegahan kanker kulit yang mudah.

3. Kanker kulit menyumbang hampir 50% dari semua kasus kanker.

Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling sering didiagnosis pada pria dan wanita. Paparan sinar UV secara alami ataupun buatan adalah pelakunya. Karena kanker kulit adalah suatu jenis kanker umum, disarankan setiap orang selalu memeriksa kulit mereka di rumah dan melakukan pemeriksaan kulit secara klinis pada dokter kulit setiap tahun.

4. Lebih dari satu juta kasus kanker kulit didiagnosis dalam beberapa tahun terakhir.

American Cancer Society memperkirakan bahwa ada sekitar 1,5 juta kasus kanker kulit yang terdiagnosis dalam beberapa tahun terakhir dan angka itu akan terus meningkat setiap tahunnya. Pelakunya? Paparan sinar UV dari matahari yang berbahaya serta sarana buatan seperti tanning bed.

5. Pria lebih sering didiagnosis kanker kulit daripada wanita.

Tahukah Anda bahwa pria dua kali lebih beresiko mengembangkan kanker kulit dibandingkan wanita? Bahkan, kanker kulit lebih umum dari kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker usus besar pada pria yang berusia di atas 50 tahun. Fakta ini membuat kanker kulit adalah jenis kanker paling umum ditemukan pada pria yang berusia di atas 50 tahun.

Komentar Anda