Ulasan Singkat Tujuh Negara Amerika Tengah

Berikut adalah sekilas fakta mengenai tujuh negara di Amerika Tengah:

Gambar Peta Amerika Tengah

1. Guatemala

Guatemala adalah negara dengan populasi terbesar di Amerika Tengah. Negara ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, di samping korupsi dan kriminalitas yang luas. Danau cantik dan gunung berapi Guatemala telah menjadi tempat pembantaian dan penindasan selama berabad-abad. Diktator seperti Rafael Carrera dan Jose Efrain Rios Montt memerintah negara ini dengan tangan besi. Guatemala juga memiliki jumlah penduduk asli paling signifikan dari seluruh negara Amerika Tengah. Masalah terbesarnya saat ini adalah kemiskinan dan perdagangan narkoba.

2. Belize

Dulu Belize merupakan bagian dari Guatemala. Belize juga sempat diduduki oleh Inggris untuk jangka waktu singkat dan dikenal sebagai British Honduras. Belize adalah negara kecil yang nyaman di mana nuansa Karibia lebih kental ketimbang nuansa Amerika Tengahnya. Negara ini adalah tujuan wisata populer yang memiliki daya tarik berupa reruntuhan Maya, pantai indah, dan lokasi menyelam kelas dunia.

3. El Salvador

El Salvador adalah negara terkecil di wilayah Amerika Tengah, namun banyaknya masalah di El Salvador membuatnya sering disorot dunia. Didera oleh perang sipil di tahun 80-an, negara ini belum pulih sepenuhnya. Korupsi merajalela di negara ini dan persentase angkatan kerja yang beremigrasi ke Amerika Serikat atau negara-negara lain masih tinggi. Namun El Salvador memiliki banyak daya tarik, seperti penduduk yang ramah, pantai bagus, dan pemerintahan yang stabil sejak awal 1990-an.

4. Honduras

Honduras adalah negara yang kurang beruntung. Negara ini menjadi pusat geng berbahaya dan aktivitas perdagangan obat terlarang, situasi politik terkadang tidak stabil, dan badai besar serta bencana alam kerap melanda. Dikutuk dengan tingkat kejahatan terparah di Amerika Tengah, Honduras adalah negara yang terus memperbaiki diri. Namun Honduras adalah tempat reruntuhan Maya terbaik di Amerika Tengah di samping Guatemala dan memiliki lokasi menyelam yang hebat. Industri pariwisata diharapkan mampu membantu meningkatkan perekonomian negara ini.

5. Kosta Rika

Sejauh ini, Kosta Rika memiliki sejarah paling damai di antara negara-negara Amerika Tengah lainnya. Meski berada di daerah yang dikenal sering terjadi perang, Kosta Rika tidak memiliki tentara. Di wilayah yang dikenal karena korupsi yang merajalela, presiden Kosta Rika menjadi pemenang Nobel Perdamaian. Kosta Rika mendorong investasi asing dan negara ini menjadi negara yang relatif makmur di Amerika Tengah.

6. Nikaragua

Nikaragua diberkahi dengan alamnya yang indah, dengan danau, hutan hujan, dan pantai yang berpadu dengan keindahan dan keajaiban alam. Seperti banyak negara tetangganya, Nikaragua secara tradisional kerap digoncang oleh perselisihan dan korupsi. Negara ini memiliki wilayah terluas di Amerika Tengah serta penduduk yang dikenal ramah dan santai. Nikaragua juga dikenal secara luas sebagai “Surga Tropis”.

7. Panama

Terletak di wilayah paling ujung Amerika Tengah, dahulu Panama adalah bagian dari Kolombia. Panama telah dan akan selalu dikenal oleh sebuah terusan terkenal yang menghubungkan Samudra Atlantik dan Pasifik, yakni Terusan Panama. Panama sendiri adalah negara yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan serta menjadi salah satu tujuan pariwisata utama di wilayah Amerika Tengah.

Komentar Anda