Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 10 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 10 Juni:

Kilas Balik Juni

1967: Perang Arab-Israel ketiga, yang dikenal sebagai Perang Enam Hari, berakhir, membuat Israel menguasai Yerusalem Timur, Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Dataran Tinggi Golan- wilayah yang masih dipegang Israel hingga awal abad ke-21.

1944: Menyusul invasi D-Day pasukan Sekutu di Perang Dunia II, tentara Jerman membantai hampir semua penduduk (lebih dari 600) kota Perancis Oradour-sur-Glane; meskipun dibangun kembali mendekati kota asli, kota yang terbakar habis dan pembunuhan massal yang terjadi tetap menjadi peringatan pengorbanan perang Perancis.

1942: Tentara Jerman membunuh penduduk laki-laki dewasa, mendeportasi perempuan dan anak-anak, dan menghancurkan desa Ceko Lidice, sebagai pembalasan atas pembunuhan letnan Nazi Reinhard Heydrich.

1940: Italia memasuki Perang Dunia II, menyatakan perang terhadap Inggris dan Perancis.

1935: Bill Wilson, secara luas dikenal sebagai Bill W., dan Dr Robert Smith, seorang ahli bedah Ohio, mendirikan Alcoholics Anonymous (AA), program pemulihan untuk pecandu alkohol; AA adalah langkah pertama dari apa yang disebut sebagai program dua belas langkah.

1865: Opera Wagner Tristan dan Isolde tampil pertama kali di Munich; karya ini dianggap sebagai salah satu karya terpenting dalam sejarah musik.

1772: H.M.S. Gaspee, kapal cutter Inggris yang kandas di Warwick, RI, dibakar oleh penyelundup lokal yang marah karena adanya campur tangan pada kegiatan mereka; Insiden ini meningkatkan gesekan antara penjajah dan pemerintah Inggris.

Komentar Anda