Hal-hal Paling Menarik Tentang Panama

Lokasinya sebagai jembatan antara Amerika Utara dan Selatan membuat Panama menjadi salah satu negara paling unik di dunia. Banyak hal menarik untuk dikupas mengenai negara yang satu ini. Dan berikut fakta-fakta pilihan tentang Panama:

Terusan Panama

Panama memiliki hutan hujan terbesar kedua di belahan bumi barat. Yang terbesar adalah hutan hujan Amazon di Brasil.

Darien Gap, hamparan hutan hujan yang hampir tak bisa ditembus antara Panama dan Kolombia, adalah satu-satunya tempat di Amerika Utara di mana Pan-American Highway atau jalan raya Pan-Amerika terputus. Darien Gap terkenal sebagai tempat gerilyawan, perdagangan narkoba ilegal, pegunungan, rawa berbahaya, dan binatang liar. Oleh karena itu, perjalanan antara Panama dan Amerika Selatan harus melalui udara atau menggunakan perahu melalui kepulauan Kuna Yala.

Panama adalah bagian dari Kolombia sebelum akhirnya memisahkan diri pada tahun 1903. Pemisahan ini memungkinkan US Army Corps of Engineers untuk memulai pembangunan Terusan Panama pada tahun 1904.

Meski tidak bisa diketahui secara pasti, ada beberapa legenda dan teori mengenai asal usul nama “Panama”, antara lain:

Frasa “banyak kupu-kupu” dalam bahasa asli, karena pemukim awal tiba di musim kupu-kupu.
Nama sebuah spesies pohon umum.
Frasa “ikan yang melimpah”, nama sebuah desa pinggir laut di Panama.

Kini, orang-orang Panama sering menggabungkan semua cerita di atas menjadi “kupu-kupu, pohon, dan ikan yang melimpah”. Entah itu akurat atau tidak, namun nama itu dirasa cukup pas untuk menggambarkan keanekaragaman hayati di negara itu.

Berpartisipasi dalam pemilu hukumnya wajib bagi semua warga negara Panama yang berusia 18 tahun atau lebih, meskipun ketentuan ini tidak ditegakkan.

Panama memiliki hampir 500 sungai. Meskipun tidak memiliki danau alami yang besar, danau buatan Gatun Lake pernah menjadi danau buatan manusia terbesar di dunia.

40% penduduk Panama tinggal di Panama City.

Sama seperti seluruh wilayah di sub-benua Amerika Tengah, Panama adalah sebuah tanah genting, yakni sebuah jembatan tanah sempit yang berbatasan dengan perairan besar di kedua sisinya (Pasifik dan Atlantik). Lokasi yang menghubungkan Amerika Utara dan Selatan ini membuat Panama memiliki keanekaragaman hayati paling unik di dunia, dengan perpaduan spesies tanaman dan hewan dari kedua benua Amerika.

Menurut CIA World Factbook, 70% penduduk Panama adalah orang Mestizo (campuran orang Amerindian dan Eropa), 14% adalah campuran orang Amerindian dan Hindia Barat, 10% orang kulit putih, dan 6% adalah orang Amerindian asli. Ada enam penduduk asli lain di Panama, yakni Kuna, Naso, Embera, Wounaan, Ngöbe Buglé (sebelumnya Guaymí), dan Bribri.

Panama City adalah satu-satunya ibu kota di dunia yang memiliki hutan hujan di dalam kota, yaitu Metropolitan Natural Park (Parque Natural Metropolitano).

Meskipun mata uang resmi Panama adalah Balboa, dalam praktiknya Panama menggunakan dolar Amerika Serikat hampir secara eksklusif, dengan pengecualian untuk koin Balboa.

Diadopsi pada tahun 1925, bendera orang Kuna Yala di Panama didasarkan pada desain swastika. Simbol bendera ini mewakili gurita yang menciptakan dunia dalam budaya Kuna kuno. Pada tahun 1942, sebuah cincin ditambahkan ke tengah bendera untuk membedakannya dari bendera swastika Nazi Jerman, namun versi itu tidak digunakan lagi.

Panama adalah negara Amerika Latin kedua setelah Kosta Rika yang menghapuskan militer.

Terusan Panama (Panama Canal) tidak diragukan lagi adalah salah satu prestasi terbesar umat manusia. Dibangun antara tahun 1904 dan 1917, kanal ini memungkinkan kapal berlayar di antara San Francisco dan New York dan menghemat perjalanan sejauh 12.668 km tanpa perlu melewati Cape Horn di ujung benua Amerika Selatan. Diperkirakan pembangunan terusan ini menelan biaya 375 juta dolar AS. Kanal ini terus mengalami perluasan dan diperkirakan telah menghabiskan dana sekitar 5,25 milyar dolar AS.

Lebih dari 12.000 orang tewas selama pembangunan jalur kereta api Panama (Panama Railroad). Dibangun antara tahun 1850 dan 1855, Panama Railroad merupakan jalur kereta api antar benua tertua di dunia.

Karena bentuknya yang berkelok-kelok, Panama adalah satu-satunya negara di dunia di mana Anda dapat melihat matahari terbit di Pasifik dan terbenam di Atlantik. Anda juga bisa berenang di Samudera Atlantik dan Samudra Pasifik pada hari yang sama, sebab negara ini hanya memiliki lebar 80 km pada titik tersempitnya.

Komentar Anda