15 Fakta Unik Tentang Amerika Tengah

1. Ada tujuh negara di Amerika Tengah: Belize, Guatemala, Honduras, Nikaragua, El Salvador, Kosta Rika dan Panama. Populasi Amerika Tengah adalah sekitar 41.739.000 jiwa.

2. Tiga-perlima dari populasi Amerika Tengah adalah campuran keturunan Eropa (biasanya Spanyol) dan Indian, dikenal sebagai mestizo. Satu-perlimanya adalah orang Indian.

3. Tidak ada tempat di Amerika Tengah yang berjarak lebih dari 200 kilometer dari laut.

Peta Amerika Tengah

4. Amerika Tengah (Central America) kadang-kadang disebut juga dengan Mesoamerika atau Middle America, yang biasanya mencakup Hindia Barat dan Meksiko. Namun yang membingungkan, istilah Middle America juga sering digunakan untuk merujuk kepada negara-negara bagian di tengah Amerika Serikat.

5. Ada 16 Situs Warisan Dunia UNESCO di Amerika Tengah, dan setiap situs berada di setiap negara Amerika Tengah. Situs tersebut meliputi pulau-pulau, reruntuhan kuno, kota kolonial Spanyol, taman nasional, dan banyak lagi. Beberapa di antaranya adalah Antigua Guatemala, Belize Barrier Reef Reserve System, Taman Nasional Pulau Cocos di Kosta Rika, dan Joya de Ceren Archaeological Site di El Salvador.

6. Amerika Tengah merupakan tanah genting. Tanah genting adalah sebidang tanah sempit yang menghubungkan dua daratan yang lebih besar, dengan perairan di kedua sisinya. Amerika Tengah menghubungkan Amerika Utara dan Selatan, dan berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan Panama, dibangun antara 1904 dan 1914, adalah satu-satunya jalan air yang menghubungkan kedua samudera itu.

7. Meskipun Amerika Tengah adalah sebuah jembatan penghubung Amerika Utara dan Selatan, secara teknis wilayahnya adalah bagian dari Amerika Utara.

8. Negara-negara Amerika Tengah kini sedang menimbang kemungkinan untuk menggunakan mata uang umum Amerika Tengah. Untuk saat ini, Belize, Guatemala, Honduras, Nikaragua, dan Kosta Rika menggunakan mata uang mereka sendiri, sementara Dollar Amerika Serikat adalah mata uang resmi di El Salvador dan Panama (dan secara luas diterima di lima negara lain).

9. Sebagian besar keanekaragaman hayati Mesoamerika berada Amerika Tengah. Wilayah ini menjadi rumah bagi 7% dari total keanekaragaman hayati dunia. Panama dan Kosta Rika memiliki kekayaan hayati tertinggi; Belize dan Guatemala berada di urutan kedua disusul negara-negara Amerika Tengah lainnya.

10. Jalan raya Pan-Amerika melewati semua negara Amerika Tengah kecuali Belize. Jalan raya ini terputus sekitar 86 km di sebuah tempat berhutan yang disebut Darién Gap -satu-satunya tempat di mana jalan raya Pan-Amerika terputus sejenak.

Jalan Raya Pan Amerika

11. Amerika Tengah merupakan wilayah yang sangat vulkanik, sebuah kondisi yang telah mempengaruhi banyak hal, mulai dari masakan Amerika Tengah (berdasarkan jenis tanaman yang tumbuh di tanah kaya vulkanik) hingga pemukiman geografis populasi di kawasan itu. Gunung berapi Amerika Tengah telah meletus berkali-kali dalam sejarah, menewaskan segelintir hingga ribuan orang. Sejumlah gunung berapi masih aktif hingga kini.

12. Empat perlima dari populasi Amerika Tengah memeluk Katolik Roma. Sebagian besar sisanya memeluk Protestan, meskipun sejumlah orang juga mempraktekkan agama pribumi Maya dan lainnya, kadang-kadang bersamaan dengan Katolik Roma.

13. Luas Belize hanya 1.924 km² lebih besar dari El Salvador, namun El Salvador memiliki populasi tiga puluh kali lipat lebih banyak dari Belize.

14. Christopher Columbus pertama kali menginjakkan kaki di daratan Amerika di Puerto Castilla, dekat Trujillo, Honduras. Seiring waktu, ia juga menjelajahi pantai Atlantik dari Nikaragua, Kosta Rika, dan Panama.

15. Ada sejumlah bahasa yang terancam punah di Amerika Tengah, sebagian besar digunakan oleh penduduk asli. Misalnya, hanya 20 orang yang fasih menggunakan bahasa asli El Salvador, Pipil, yang diturunkan dari bahasa Nahuatl. Dan hanya beberapa orang yang fasih menggunakan bahasa Honduras, Lenca.

Komentar Anda