10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Emas

Siapa tak kenal logam mulia yang satu ini? Emas bernilai sangat tinggi dan sering dijadikan perhiasan, pelapis benda-benda, atau bahkan simpanan dan investasi. Keberadaan emas sangat penting bagi perekonomian dunia. Namun tahukah Anda 10 fakta mengenai emas berikut ini?

Foto Emas Batangan

1. Emas adalah satu-satunya logam yang berwarna kuning atau “emas”. Logam lain juga dapat mengembangkan warna kekuningan, tetapi hanya setelah teroksidasi atau bereaksi dengan bahan kimia lainnya.

2. Hampir semua emas di bumi berasal dari meteorit yang membombardir planet ini lebih dari 200 juta tahun setelah bumi terbentuk.

3. Simbol unsur emas adalah Au. Simbol ini berasal dari nama Latin lama untuk emas, aurum, yang berarti “fajar yang bersinar” atau “cahaya matahari terbit”. Sedangkan kata “gold” berasal dari bahasa Jermanik, yakni gulþ dari bahasa Proto Jermanik dan ghel dari bahasa Proto-Indo-Eropa, yang berarti “kuning/hijau”. Unsur murni ini telah dikenal sejak zaman kuno.

4. Emas sangat liat. Satu ons emas (sekitar 28 gram) dapat dibuat menjadi benang emas sepanjang 8 kilometer. Benang emas dapat digunakan sebagai benang bordir.

5. Kelenturan adalah ukuran seberapa mudah suatu material dapat ditempa menjadi lembaran tipis. Emas adalah unsur yang paling mudah dibentuk. Satu ons emas bisa ditempa menjadi lembaran berukuran 27 meter persegi. Selembar emas dapat dibuat setipis mungkin hingga terlihat transparan. Lembaran emas yang sangat tipis akan tampak biru kehijauan karena emas memantulkan warna merah dan kuning.

6. Meskipun emas adalah logam padat dan berat, emas umumnya dianggap tidak beracun. Serpihan logam emas dapat dimakan dalam bentuk makanan atau minuman.

7. Emas 24 karat adalah unsur emas murni. Emas 18 karat adalah 75% emas murni, emas 14 karat adalah 58,5% emas murni, dan emas 10 karat adalah 41,7% emas murni. Campuran logam emas biasanya adalah perak, tetapi dapat juga terdiri atas logam lain atau kombinasi logam, seperti platinum, tembaga, palladium, seng, nikel, besi, dan kadmium.

8. Emas adalah logam mulia. Emas relatif tidak reaktif dan tahan terhadap degradasi udara, kelembaban, atau kondisi asam. Asam dikenal mampu melarutkan kebanyakan logam sehingga campuran khusus asam yang disebut aqua regia digunakan untuk melarutkan emas.

9. Emas memiliki banyak kegunaan selain dari nilai moneter dan simbolik. Emas juga digunakan dalam elektronik, kabel listrik, dentistry, obat-obatan, perisai radiasi, kaca warna, dan lain sebagainya.

10. Emas metalik dengan kemurnian tinggi tidak berbau dan tidak berasa. Hal ini dikarenakan emas bersifat tidak reaktif. Ion logam adalah sesuatu yang memberikan rasa dan bau pada unsur-unsur dan senyawa logam.

Komentar Anda