Tokoh Besar Dunia yang Lahir pada 9 Juni

Born on this Day – Berikut adalah nama-nama tokoh besar dunia yang lahir pada tanggal 9 Juni:

Samuel Slater

1672: Peter I, Kaisar Rusia (Peter the Great), yang reformasi westernisasinya pada pemerintah, tentara, dan masyarakat meletakkan dasar-dasar Rusia modern.

1768: Samuel Slater, seorang industrialis Amerika keturunan Inggris awal yang dikenal sebagai “Bapak Revolusi Industri Amerika” (sebuah frase yang diciptakan oleh Andrew Jackson), “Bapak Sistem Pabrik Amerika” dan “Slater si Pengkhianat” (di Inggris) karena ia membawa teknologi tekstil Inggris ke Amerika dengan melakukan modifikasi agar cocok untuk Amerika.

1781: George Stephenson, insinyur Inggris yang bersama anaknya, Robert, menunjukkan kepraktisan tenaga uap untuk kereta api dengan lokomotif mereka, Rocket (1826-1829).

1785: Sylvanus Thayer, yang menjabat sebagai pengawas dari Akademi Militer Amerika Serikat di West Point 1817-1833 dan disebut ayah dari institusi tersebut.

1843: Bertha von Suttner, penulis Austria, seorang pekerja tak kenal lelah bagi perdamaian dunia dan wanita pertama penerima Hadiah Nobel Perdamaian (1905).

1892: Cole Porter, komposer dan penulis lirik dari beberapa musik populer yang paling elegan dan indah dari abad ke-20 (Let’s Do It, Begin the Beguine, Night and Day, I Get a Kick Out of You, You’re the Top)

1901: George Price, anggota kelompok kartunis luar biasa (bersama Charles Addams, William Steig, dan James Thurber) yang bekerja untuk The New Yorker selama bertahun-tahun dan membantu menemukan kembali bentuk seni.

1916: Robert S. McNamara, yang menjabat sebagai menteri pertahanan AS selama Perang Vietnam, di kemudian hari ia mengatakan bahwa dirinya dan rekan pemerintahannya “salah, sangat salah”.

Komentar Anda