Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 9 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 9 Juni:

Kilas Balik Juni

1999: Abdullah II dinobatkan sebagai raja Yordania setelah naik tahta menyusul kematian ayahnya, Raja Hussein I, pada bulan Februari.

1998: Jenderal Abubakar Abdulsalami menjadi kepala negara dan panglima tertinggi angkatan bersenjata Nigeria setelah kematian mendadak Sani Abacha.

1940: Pasukan Sekutu mundur dari Narvik, meninggalkan Norwegia dalam kekuasaan Jerman selama Perang Dunia II.

1934: Karakter kartun Disney Donald Bebek, salah satu karakter kartun paling populer dan paling disukai di dunia, melakukan debut di sedikit bagian dalam kartun yang disebut The Wise Little Hen.

Loading...

1898: Inggris memperoleh sewa 99 tahun atas daerah yang disebut New Territories di daratan China, yang terdiri 92% dari koloni Hong Kong; sewa ini berakhir pada tanggal 1 Juli 1997, membawa Hong Kong kembali berada di bawah kekuasaan China.

1870: Novelis besar Inggris Charles Dickens meninggal dunia; novel terakhirnya (The Mystery of Edwin Drood, 1870) masih belum selesai.

1863: Keterlibatan kavaleri terbesar (18.000 kuda) dari Perang Sipil AS terjadi dalam pertempuran di Brandy Station, Culpeper County, Va; Pasukan Konfederasi di bawah Jeb Stuart menahan serangan dari Union di bawah jenderal Alfred Pleasonton.

1534: Jacques Cartier berlayar ke Teluk St. Lawrence pada kunjungan pertamanya ke Amerika Utara.

Loading...

Komentar Anda