Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 9 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 9 Juni:

Kilas Balik Juni

1999: Abdullah II dinobatkan sebagai raja Yordania setelah naik tahta menyusul kematian ayahnya, Raja Hussein I, pada bulan Februari.

1998: Jenderal Abubakar Abdulsalami menjadi kepala negara dan panglima tertinggi angkatan bersenjata Nigeria setelah kematian mendadak Sani Abacha.

1940: Pasukan Sekutu mundur dari Narvik, meninggalkan Norwegia dalam kekuasaan Jerman selama Perang Dunia II.

1934: Karakter kartun Disney Donald Bebek, salah satu karakter kartun paling populer dan paling disukai di dunia, melakukan debut di sedikit bagian dalam kartun yang disebut The Wise Little Hen.

1898: Inggris memperoleh sewa 99 tahun atas daerah yang disebut New Territories di daratan China, yang terdiri 92% dari koloni Hong Kong; sewa ini berakhir pada tanggal 1 Juli 1997, membawa Hong Kong kembali berada di bawah kekuasaan China.

1870: Novelis besar Inggris Charles Dickens meninggal dunia; novel terakhirnya (The Mystery of Edwin Drood, 1870) masih belum selesai.

1863: Keterlibatan kavaleri terbesar (18.000 kuda) dari Perang Sipil AS terjadi dalam pertempuran di Brandy Station, Culpeper County, Va; Pasukan Konfederasi di bawah Jeb Stuart menahan serangan dari Union di bawah jenderal Alfred Pleasonton.

1534: Jacques Cartier berlayar ke Teluk St. Lawrence pada kunjungan pertamanya ke Amerika Utara.

Komentar Anda