Mengenal Jenis-jenis Anjing Chihuahua

Chihuahua dapat dikategorikan menurut ukuran panjang dan warna bulu, serta bentuk kepala mereka. Terlepas dari panjang bulu, bentuk kepala, dan warna bulu, semua Chihuahua memiliki kesamaan dalam hal temperamen, masalah kesehatan, dan harapan hidup. Kebanyakan Chihuahua adalah anjing yang sangat aktif, dan mereka adalah jenis anjing yang sangat protektif dan teritorial. Rata-rata rentang hidup untuk peranakan Chihuahua adalah 12 sampai 15 tahun.

Jenis Chihuahua

American Kennel Club (AKC) mengakui dua jenis Chihuahua berdasarkan panjang bulu (mantel): Long Coat Chihuahua dan Smooth Coat Chihuahua. Long Coat Chihuahua memiliki bulu lembut dengan ekor panjang berbentuk seperti kipas, dan (kadang-kadang) memiliki lapisan bulu bawah yang pendek; jenis ini cenderung memiliki bulu-bulu lebat di sekitar dada (menyerupai surai), kaki dan daerah belakang, dan bulunya bisa tebal bergelombang atau datar. Smooth Coat Chihuahua memiliki bulu sangat pendek yang mengkilap dan dapat memiliki lapisan bawah yang tebal atau tipis; Smooth Coat Chihuahua yang memiliki surai menebal di sekitar tengkuk leher lebih disukai untuk peranakan standar.

Chihuahua juga dapat dibedakan menurut bentuk kepala mereka. Ada dua bentuk kepala Chihuahua, yakni Apple Head Chihuahua dan Deer Head Chihuahua. Apple Head Chihuahua memiliki dahi bulat yang meruncing ke rahang (menyerupai apel), moncong pendek, dan rahang kecil. Sementara Deer Head Chihuahua memiliki bentuk kepala lebih lonjong dan tajam serta lebih panjang dari Apple Head Chihuahua, menyerupai bentuk kepala rusa kecil. AKC hanya menerima bentuk kepala apel untuk peranakan Chihuahua standar; Chihuahua yang memiliki bentuk kepala lain dianggap tidak standar.

Warna bulu peranakan Chihuahua biasanya hitam, cokelat, krem, cokelat kekuningan, merah, biru, emas, perak dan putih. Warna bulu dapat bercampur; misalnya, hitam dan cokelat, hitam dan silver, cokelat biru, cokelat belang-belang cokelat kekuningan, emas dan putih, atau hitam dan sabled silver. Chihuahua juga dapat memiliki marking di bulu mereka seperti merle, masker hitam atau biru, tanda cokelat, bintik-bintik dan belang.

Karena banyaknya warna bulu dalam peranakan Chihuahua, hampir tidak mungkin bagi Chihuahua memiliki jenis warna bulu tertentu. Ahli genetika masih bekerja untuk membuka semua kode gen warna bulu Chihuahua.

Komentar Anda