Fakta-fakta Tentang Negara Kroasia

Kroasia adalah sebuah negara di Eropa bagian tenggara. Negara ini berbatasan dengan Bosnia-Herzegovina di selatan dan timur, Laut Adriatik di sebelah barat, Slovenia dan Hungaria di utara, Serbia di timur laut, dan Montenegro di tenggara.

Kroasia

Zagreb adalah ibukota dan kota terbesar Kroasia sekaligus pusat kehidupan budaya dan politik di negara itu. Kota-kota penting lainnya di Kroasia adalah Dubrovnik, Osijek, Rijeka, dan Split. Mengenai penduduk Kroasia, bisa dibaca di artikel ini.

Pada tahun 1918, Kroasia menjadi bagian dari Kerajaan Serbia, Kroasia, dan Slovenia, yang kemudian berganti nama menjadi Yugoslavia. Pada tahun 1946, Yugoslavia menjadi negara federal yang terdiri atas enam republik, salah satunya adalah Kroasia.

Dari tahun 1945 sampai 1990, kaum Komunis melakukan monopoli kekuasaan di seluruh Yugoslavia. Pada tahun 1960, beberapa orang Kroasia mulai menyerukan kemerdekaan bagi Kroasia. Tuntutan itu semakin meluas pada tahun 1980-an,. Pada tahun 1990, Kroasia akhirnya mengadakan pemilihan umum multipartai pertama, dan kelompok non-komunis memenangkan mayoritas kursi di legislatif.

Pada tahun 1991, Kroasia mendeklarasikan kemerdekaannya. Perang kemudian pecah di Kroasia antara Kroasia dan Serbia. Sebuah gencatan senjata pada awal tahun 1992 mengakhiri sebagian besar pertempuran. Namun, beberapa pertempuran terus berlanjut. Pada akhir tahun 1995, pemerintah Kroasia dan para pemimpin Serbia di Kroasia membuat kesepakatan untuk mengakhiri perang.

Kroasia mengadopsi konstitusi demokratis pertama pada bulan Desember 1990 ketika negara itu masih menjadi republik bagian dari Yugoslavia. Konstitusi Kroasia telah mengalami beberapa kali perubahan sejak saat itu. Konstitusi ini menjamin kebebasan berbicara, berkumpul, pers, dan agama. Konstitusi juga menjanjikan hak untuk membentuk partai politik dan menjamin hak kelompok minoritas untuk mendapatkan kemerdekaan kultural.

Para pemilih memilih presiden untuk masa jabatan lima tahun. Sebuah parlemen satu majelis membuat hukum-hukum negara. Rakyat memilih anggota parlemen untuk masa jabatan empat tahun. Seorang perdana menteri mengepalai parlemen. Mahkamah Agung adalah pengadilan tertinggi Kroasia. Kroasia juga memiliki mahkamah konstitusi. Sebuah komite khusus yang dipilih oleh parlemen menunjuk anggota dari kedua pengadilan untuk masa jabatan delapan tahun.

Ibu kota: Zagreb.

Bahasa resmi: Bahasa Kroasia.

Nama resmi: Republika Hrvatska (Republik Kroasia).

Area: 56.594 km2. Jarak terjauh – utara-selatan, 465 km; timur-barat, 465 km.

Elevasi: Tertinggi – Mount Dinara, 1.831 m di atas permukaan laut. Terendah: level laut di sepanjang pantai.

Populasi: Perkiraan – 4.385.000; kepadatan, 77 per km2; distribusi, 58% di perkotaan, 42% di pedesaan.

Produk utama: Pertanian dan peternakan – apel, sapi, jagung, anggur, babi, kentang, unggas, kedelai, gula bit, gandum. Manufaktur – bahan kimia, produk makanan, produk minyak bumi, kapal, baja. Pertambangan – tanah liat, gas alam, minyak bumi.

Lagu kebangsaan: Lijepa nasa domovino.

Uang: Kuna. Seratus lipa sama dengan satu kuna.

Bentuk pemerintahan: Demokrasi presidensial/parlementer.

One thought on “Fakta-fakta Tentang Negara Kroasia

  • 04/18/2016 at 9:20 am
    Permalink

    nice article. thank you.

    Reply

Komentar Anda