Cara Mengetahui Jenis Anjing Pit Bull

Pit bull adalah nama yang diberikan kepada sekelompok anjing seperti American pit bull terrier, American Staffordshire terrier, dan Staffordshire bull terrier. Anjing lain sering keliru dianggap sebagai pit bull, tapi hanya tiga jenis di atas yang merupakan anjing pit bull sebenarnya.

American pit bull terrier
American pit bull terrier

Jika Anda baru mengadopsi pit bull dewasa atau memiliki anak anjing baru, mungkin Anda tidak tahu jenis pit bull yang Anda miliki. Membedakan pit bull masih bisa dilakukan meski beberapa peranakan terlihat serupa di usia muda. Berikut caranya.

1. Timbang anjing Anda. Cara ini hanya sepenuhnya akurat pada anjing dewasa. Untuk anjing yang lebih muda, Anda harus dapat memprediksi berat badannya di masa depan secara akurat. American pit bull terrier biasanya memiliki berat badan antara 16-29.5 kilogram. American Staffordshire terrier biasanya memiliki berat 28-40 kilogram, sedangkan Staffordshire bull terrier memiliki berat 11-15.4 kilogram.

American Staffordshire terrier
American Staffordshire terrier

2. Lihatlah perawakan anjing Anda. American pit bull terrier memiliki kepala dan tubuh yang proporsional. American Staffordshire terrier memiliki perawakan yang berotot dan kekar, sedangkan Staffordshire bull terrier memiliki kepala yang nampak lebar.

Staffordshire bull terrier
Staffordshire bull terrier

3. Rasakan bulu anjing Anda. Meskipun semua pit bull memiliki bulu yang sama, ada perbedaan antara tiga jenis itu. American pit bull terrier memiliki bulu pendek dan halus, sedangkan American Staffordshire terrier memiliki bulu lebih tebal. Staffordshire bull terrier juga memiliki bulu halus dan pendek.

4. Bandingkan anjing Anda dengan gambar-gambar pit bull di internet. Kebanyakan anjing pit bull memiliki berbagai warna, jadi carilah anjing pit bull yang memiliki warna sama dengan anjing Anda. Jika anjing Anda terlihat seperti campuran dari dua keturunan, ia kemungkinan adalah hasil persilangan.

5. Bawalah anjing Anda ke dokter hewan untuk mengetahui usia, jenis peranakan, dan kesehatannya. Hal ini penting karena selain dapat memastikan kesehatan anjing Anda, juga membantu memberikan informasi yang tepat mengenai jenis anjing put bull Anda.

Komentar Anda