Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 8 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 8 Juni:

Kilas Balik Juni

2004: Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mendukung pembentukan pemerintah sementara untuk Irak yang memiliki “kedaulatan penuh,” pengalihan kekuasaan dilakukan pada tanggal 30 Juni 2004, dan penyelenggaraan pemilu yang demokratis dilaksanakan pada Januari 2005.

2001: Mohammad Khatami, presiden reformis Iran, terpilih untuk masa jabatan kedua.

1998: Jenderal Sani Abacha, yang telah merebut kekuasaan di Nigeria pada tahun 1993, mati secara tiba-tiba, membuka jalan bagi pemulihan pemerintahan sipil di negara itu.

1967: Empat hari dalam Perang Enam Hari, atau Perang Arab-Israel ketiga, seluruh wilayah Arab di Jerusalem dan Tepi Barat jatuh ke tangan Israel.

1845: Andrew Jackson, presiden ke-7 Amerika Serikat, meninggal di The Hermitage, perkebunannya dekat Nashville, Tennessee.

1809: Thomas Paine, yang sangat mempengaruhi opini publik Amerika dengan seruannya untuk kemerdekaan dalam pamflet Common Sense-nya, meninggal dalam kemiskinan.

1789: James Madison memperkenalkan rancangan tentang perubahan yang kelak akan menjadi penyusun Bill of Rights.

632: Nabi Muhammad meninggal dunia di hadapan istri kesayangannya, Aisha, yang ayahnya, Abu Bakr, menjadi khalifah pertama; tanggal dalam kalender Islam adalah 13 Rabiul Awal tahun 11 Hijriah.

Komentar Anda