Film-film Paling Populer di Tahun 80-an

Film-film box office paling populer di era 80-an nyaris semuanya bertema fiksi ilmiah. George Lucas dan Steven Spielberg adalah sutradara dan produser terbaik pada dekade itu. Mereka membuat serial film legendaris seperti Star Wars dan Indiana Jones yang masing-masing mengusung tiga film pada era 1980-an. Berikut adalah beberapa film paling laris di tahun 1980-an yang bisa Anda tonton:

E.T.: The Extra-Terrestrial (1982)

E.T. The Extra-Terrestrial (1982)

Dengan pendapatan box office AS sebesar 434.949.459 dolar AS dan penjualan tiket di seluruh dunia mencapai 756.700.000 dolar AS, E.T.: The Extra-Terrestrial menjadi film paling populer di tahun 1980-an. Film ini berkisah tentang anak-anak yang membantu seorang alien ahli botani yang terdampar untuk pulang. “E.T. phone home” menjadi kutipan terkenal dari film laris ini.

Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back (1980)

Star Wars Episode V - The Empire Strikes Back

Ini adalah film kedua dalam trilogi asli Star Wars. The Empire Strikes Back menceritakan Yoda yang terus melatih Luke Skywalker untuk menjadi seorang Jedi. Di sisi lain, Darth Vader mengejar pasukan Rebels untuk menangkap Luke. Film yang dibintangi Mark Hamill dan Harrison Ford ini memenangkan Oscar untuk kategori suara terbaik.

Raiders of the Lost Ark (1981)

Raiders of the Lost Ark

Dalam film pertama serial Indiana Jones ini, aktor Harrison Ford memerankan tokoh utama Indiana Jones, seorang arkeolog petualang. Bersetting di tahun 1940-an, pemerintah AS mempekerjakan Indiana untuk mencari Tabut Perjanjian, sebuah peti kuno yang dikabarkan memiliki loh-loh batu bertuliskan Sepuluh perintah Allah. Film ini memenangkan empat Oscar.

Star Wars: Episode VI – Return of the Jedi (1983)

Star Wars Episode VI - Return of the Jedi

Star Wars: Episode VI – Return of the Jedi adalah film ketiga yang dirilis dalam franchise Star Wars. Pasukan Rebels menyelamatkan Han Solo dari istana Jabba the Hutt, dan mencoba untuk menghancurkan Death Star kedua. Luke Skywalker mencoba untuk membawa Darth Vader kembali dari Dark Side. Film sukses ini dinominasikan untuk empat Oscar.

Ghost Busters (1984)

Ghostbusters

Ghost Busters adalah sebuah komedi ringan yang berkisah tentang tiga profesor parapsikologi pengangguran yang memulai usaha unik, yakni pengusiran hantu. Lagu film ini, yang dibawakan oleh Ray Parker Jr, memenangkan Oscar untuk kategori lagu terbaik dan menjadi Top 10 hit. “”Who you gonna call?” menjadi kutipan populer di pertengahan era 1980-an.

Back to the Future (1985)

Back to the Future

Ditulis dan disutradarai oleh Robert Zemeckis, ini adalah film pertama dari tiga film Back to the Future dan memperkenalkan Marty McFly, sang tokoh utama. Marty pergi ke masa lalu menggunakan mesin waktu DeLorean, tepatnya ke tahun 1955. Namun secara tidak sengaja ia mengacaukan kisah cinta orangtuanya, membuat eksistensi dirinya dalam bahaya. Marty harus membuat kedua orangtuanya saling jatuh cinta.

Indiana Jones and the Last Crusade (1989)

Indiana Jones and the Last Crusade

Ini adalah film ketiga dari serial Indiana Jones yang dirilis pada tahun 1980. Film ini memperkenalkan ayah Indiana, Dr. Henry Jones Sr, yang diperankan oleh Sean Connery. Dr. Jones Sr tiba-tiba menghilang saat memburu Holy Grail, dan Indiana Jones mengikuti jejaknya untuk menemukannya sekaligus mencegah kaum Nazi mendapatkan Holy Grail itu.

Batman (1989)

Batman

Disutradarai oleh Tim Burton dan dibintangi oleh Michael Keaton yang memerankan toko superhero Batman, film ini memperkenalkan sisi gelap Gotham City. Batman bertarung melawan musuh besar pertamanya, Joker. “Where does he get those wonderful toys?” adalah salah satu kata-kata Joker dalam film ini yang paling sering dikutip orang.

Komentar Anda