Film-film Bertema Perang Korea Terbaik

Menyusul peristiwa Perang Dunia I dan II, film perang telah menjadi genre populer tersendiri yang sering memadukan kengerian dan konflik batin manusia dalam perang. Setiap perang yang paling terkenal -terutama yang melibatkan Amerika Serikat- memiliki sub-kategori tersendiri dalam genre perang, tidak terkecuali Perang Korea. Berikut beberapa film terbaik tentang Perang Korea.

This is Korea!

This is Korea!

Film dokumenter berwarna ini dirilis pada tahun 1951, dua tahun sebelum Perang Korea berakhir. Film yang mendokumentasikan awal dari konflik ini tidak menggunakan efek cuplikan dan menampilkan wawancara dengan perwira dan tamtama militer asli. Film ini disebut penting karena merintis penggunaan film dokumenter dan foto jurnalistik dalam Perang Vietnam mendatang. This is Korea! disutradarai oleh pembuat film Amerika terkenal John Ford (The Grapes of Wrath, The Quiet Man, The Searchers).

Battle Circus

Battle Circus

Drama romantis ini berlatar belakang dan dibuat selama Perang Korea meletus. Film ini dirilis pada tahun 1953 dan menampilkan bintang film asal Amerika, Humphrey Bogart. Film ini tidak menyorot isu-isu moralitas berkaitan perang itu sendiri, namun lebih fokus pada isu-isu yang berkaitan dengan kesulitan yang disebabkan oleh perang. Film ini disutradarai oleh Richard Brooks (Cat on a Hot Tin Roof).

Sayonara

Sayonara

Dirilis pada tahun 1957, film ini dibintangi oleh aktor besar Marlon Brando yang memerankan karakter pilot Angkatan Udara Amerika yang jatuh cinta pada penyanyi Jepang selama Perang Korea. Disutradarai oleh Joshua Logan (Camelot), film ini adalah drama romantis yang secara langsung menyorot isu-isu rasisme pada saat itu. Film ini merebut 10 nominasi Oscar dan memenangkan 4 piala Oscar.

All the Young Men

All the Young Men

Film tentang Perang Korea ini juga mengangkat isu-isu rasisme yang ada di militer AS. Kisahnya berkisar tentang seorang sersan peleton kulit hitam yang mengemban tanggung jawab atas pasukan tamtama kulit putih ketika atasannya tewas. Film ini dirilis pada tahun 1960 dan disutradarai oleh Hall Bartlett (Jonathan Livingston Seagull) dan dibintangi Sidney Poitier dan Alan Ladd.

MASH

MASH

Meskipun dapat dilihat sebagai sebuah penafsiran Perang Vietnam, film terkenal tahun 1970 ini berkisah tentang sekelompok dokter militer dalam Perang Korea yang menggunakan humor untuk melawan kengerian perang. Film sarat pujian ini disutradarai oleh Robert Altman (Nashville) dan dibintangi Donald Sutherland, Tom Skerritt, Sally Kellerman, Elliot Gould, and Robert Duvall. MASH memenangkan Oscar untuk kategori Skenario Adaptasi Terbaik dan menginspirasi serial televisi terkenal yang lama ditayangkan, M*A*S*H.

MacArthur

MacArthur

Jenderal Douglas MacArthur bertanggung jawab atas Perang Korea sampai tahun 1952, di mana saat ia dibebastugaskan oleh Presiden AS Harry S. Truman karena dianggap melakukan pembangkangan. Film buatan tahun 1977 ini menceritakan kisah hidup sang Jenderal dan disutradarai oleh Joseph Sargent. Film ini dibintangi Gregory Peck dan mendapat nominasi Golden Globe.

Taegukgi hwinalrimyeo

Tae Guk Gi

Film Korea Selatan ini, yang judul aslinya berarti “The Brotherhood of War”, disutradari dan ditulis oleh Je-gyu Kang pada tahun 2004. Film ini mengisahkan kakak beradik miskin namun bahagia yang tinggal bersama ibu dan adik perempuannya. Masalah datang ketika sang adik dipaksa berjuang dalam Perang Korea, sedangkan sang kakak juga diplot untuk melindungi adiknya dalam medan perang. Film ini memenangkan sembilan penghargaan, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik dalam Festival Film Asia-Pasifik.

Komentar Anda