Film-film Anak Terbaik di Tahun 90-an

Film-film anak yang dirilis di era 90-an berikut ini menuai banyak pujian dan tetap populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa hingga saat iini. Film-film ini memiliki jalinan kisah yang cerdas, visualisasi menarik, dan pesan-pesan kehidupan yang penting.

Beauty and the Beast (1991)

Beauty and the Beast

Film animasi Disney era 30-an yang memadukan animasi tradisional dan animasi komputer ini mengisahkan dongeng Perancis tentang Beast, seorang pangeran yang secara ajaib berubah menjadi monster sebagai hukuman atas kesombongannya, dan seorang gadis bernama Belle yang ia penjarakan di istananya. Populer di kalangan kritikus dan penonton, Beauty and the Beast adalah satu-satunya film animasi yang pernah dinominasikan Oscar untuk kategori Best Picture.

Porco Rosso (1992)

Porco Rosso

Digarap oleh sutradara Jepang, Hayao Miyazaki, yang juga menyutradarai Spirited Away yang memenangkan Academy Awards, film ini bercerita tentang veteran Italia pada Perang Dunia I yang dikutuk dan berubah menjadi babi. Dijuluki Porco Rosso (babi merah), ia bekerja membasmi bajak laut udara di Laut Adriatik. Jalinan kisah semakin kompleks dengan ketertarikan Porco pada Gina serta persahabatannya dengan Fio, seorang insinyur pesawat.

The Wrong Trousers (1993) dan A Close Shave (1995)

The Wrong Trousers dan a Close Shave

Sepasang film pendek pemenang Academy Awards ini menghadirkan karakter animasi stop-motion karya sutradara Nick Park, Wallace dan Gromit. Dalam film The Wrong Trousers, Wallace menyewakan kamar tidur untuk seekor penguin jahat. Ia memanfaatkan Wallace dan penemuannya “Techno Trousers” untuk melakukan perampokan. Sedangkan A Close Shave berkisah tentang Wallace dan Gromit yang terjebak dalam skema pencurian domba yang dilakukan oleh sebuah robot anjing yang jahat. Film ini menjadi asal-usul serial kartun Shaun the Sheep yang kini populer.

The Secret of Roan Inish (1994)

The Secret of Roan Inish

Film Irlandia ini dipuji karena sinematografinya yang berpusat pada seorang gadis bernama Fiona dan Selkie atau anjing laut legendaris yang dapat berubah menjadi manusia. Adik bayi Fiona, Jamie, hanyut terbawa ke Pulau Roan Inish dan konon dibesarkan oleh seekor Selkie. Ketika Fiona melihat seorang anak lelaki di pulau itu, ia lalu bergerak untuk membongkar rahasia yang menyelimuti Pulau Roan Inish.

The Lion King (1994)

The Lion King

Dalam Pride Lands, ayah Simba, Mufasa, memerintah kerajaan hewan dengan bijaksana. Ketika Mufasa dibunuh oleh Scar, saudaranya yang iri hati, Simba terpaksa bersembunyi dan bersahabat dengan meerkat dan babi hutan. Simba tumbuh dewasa di pengasingan dan akhirnya ia kembali ke Pride Lands untuk menantang pamannya. The Lion King tetap menjadi film animasi tradisional yang paling sukses secara finansial sepanjang masa.

Babe (1995)

Babe

Babe adalah babi lucu yang bercita-cita menjadi penggembala domba. Farmer Hoggett membeli Babe di sebuah pekan raya, namun Babe berusaha agar tak dijadikan makan malam Natal dengan menunjukkan bakatnya untuk menggiring hewan ternak. Babe meningkatkan keahliannya dengan berteman dan bekerja sama dengan anjing penggembala domba lain dan terjadilah hal-hal yang mengejutkan dan spektakuler.

James and the Giant Peach (1996)

James and the Giant Peach

Film fantasi musikal ini didasarkan pada novel karya Roald Dahl yang menggabungkan unsur live action dengan animasi stop-motion. Orang tua James Henry Trotter dimakan oleh seekor badak dan ia dipaksa untuk hidup dengan bibinya yang kasar. James kabur dan tinggal di dalam buah persik raksasa bersama beberapa serangga yang ramah. Bersama-sama mereka terlibat serangkaian petualangan sebelum mencapai New York City di mana James akhirnya harus menghadapi bibinya.

Toy Story (1995) dan Toy Story 2 (1999)

Toy Story

Film Toy Story menceritakan petualangan mainan yang menjadi hidup ketika pemiliknya tidak ada. Konflik utama terjadi antara Woody, mainan koboi kayu, dengan Buzz Lightyear, mainan astronot superhero, yang saling berusaha untuk menjadi mainan favorit Andy. Toy Story adalah film pertama yang menggunakan visualisasi komputer mutakhir secara eksklusif dan melambungkan nama Pixar Animation Studios yang baru didirikan.

Fly Away Home (1996)

Fly Away Home

Film manis ini berkisah tentang kehidupan seorang duda dan putrinya yang berubah menyenangkan setelah mengadopsi dan membesarkan 16 ekor angsa yang terlantar. Angsa-angsa kecil itu harus bermigrasi dari Ontario ke North Carolina untuk menghindari musim dingin, namun siapa yang akan memandu mereka ke sana? Dengan sepasang pesawat ultralight, Amy, ayahnya, dan teman-temannya harus menemukan suatu cara untuk melakukannya.

The Iron Giant (1999)

The Iron Giant

Diadaptasi dari novel The Iron Man karya Ted Hughes tahun 1968, film ini berkisah tentang persahabatan anak penyendiri bernama Hogarth dan robot raksasa yang jatuh dari angkasa. Hogarth dan Dean McCoppin, seorang hippi, mencoba menyelamatkan robot itu dari penghancuran yang akan dilakukan oleh Kent Mansley, seorang agen pemerintah AS yang paranoid.

Komentar Anda