Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 7 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 7 Juni:

Kilas Balik Juni

1993: Bintang basket Kroasia, Drazen Petrovic, tewas dalam kecelakaan mobil saat ia mendekati puncak karirnya.

1981: Jet tempur Israel F-15 dan F-16 membom dan menghancurkan satu-satunya reaktor nuklir Irak, reaktor Tammuz (atau Osiraq) di al-Twaitha, dekat Baghdad; PBB secara terbuka mengutuk serangan tersebut, tapi secara pribadi, negara-negara di kawasan Teluk Persia dan Barat menyatakan lega.

1948: Edvard Benes mengundurkan diri sebagai perdana menteri Cekoslowakia, membuat kaum Komunis memegang kendali penuh atas negara.

1942: Amerika Serikat memenangkan Pertempuran Midway, mengakhiri enam bulan kejayaan Jepang dalam Perang Dunia II.

1939: Raja George VI, dengan istrinya, Ratu Elizabeth, menjadi raja dan ratu Inggris pertama yang mengunjungi Amerika Serikat; Eleanor Roosevelt menyajikan hot dog untuk pasangan kerajaan itu ketika mereka mengunjungi rumah Roosevelt di Hyde Park, New York.

1905: Norwegia, yang digabungkan dengan Swedia pada tahun 1815 oleh Kongres Wina, akhirnya mencapai kemerdekaannya.

1840: Frederick William IV berhasil menduduki tahta Prussia setelah kematian ayahnya, Frederick William III; dia memberi Prussia konstitusi pertama selama Revolusi 1848.

1494: Treaty of Tordesillas disepakati, yakni perjanjian antara Spanyol dan Portugal yang bertujuan untuk menyelesaikan konflik atas tanah yang baru ditemukan atau dieksplorasi oleh Christopher Columbus dan penjelajah lainnya di akhir abad ke-15.

Komentar Anda