Fakta-fakta Umum Tentang Bulgaria

Bulgaria adalah sebuah negara di Semenanjung Balkan di Eropa Tenggara. Negara ini berbatasan dengan Rumania di sebelah utara, Serbia dan Macedonia di sebelah barat, Yunani dan Turki di selatan, dan Laut Hitam di sebelah timur. Pegunungan menutupi sebagian besar wilayah Bulgaria. Lembah subur dan dataran memisahkan pegunungan di sejumlah besar daerah.

Foto Bulgaria

Sampai tahun 1940-an, mayoritas penduduk Bulgaria tinggal di daerah pedesaan dan bekerja di sektor pertanian. Saat ini, sebagian besar orang Bulgaria tinggal di kota. Banyak dari mereka yang bekerja dalam industri seperti pengolahan makanan dan produksi barang-barang logam. Sofia adalah ibu kota dan kota terbesar di Bulgaria.

Sekitar 3.000 tahun yang lalu, orang-orang yang disebut Thracia mendirikan peradaban pertama di wilayah yang sekarang disebut Bulgaria. Wilayah ini menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi selama era 40-an M. Antara akhir 600 dan pertengahan tahun 1300 M, Bulgaria dua kali memerintah sebuah kerajaan kuat yang menguasai sebagian besar Semenanjung Balkan. Pada akhir 1300 M, Kekaisaran Ottoman menaklukkan kerajaan itu. Rusia membantu Bulgaria mendapatkan kebebasan dari pemerintahan Ottoman pada tahun 1878. Negara ini menjadi sepenuhnya independen pada tahun 1908.

Ibu kota: Sofia

Bahasa resmi: Bahasa Bulgaria

Nama resmi: Republika Bulgariya (Republik Bulgaria).

Area: 110.879 km2. Jarak terjauh timur-barat, 492 km; utara-selatan, 274 km. Pantai 282 km.

Elevasi: Tertinggi: Musala Peak, 2.925 m di atas permukaan laut. Terendah: laut.

Populasi: Perkiraan – 7.264.000; kepadatan 66 per km2; distribusi, 73% di perkotaan, 27% di pedesaan.

Produk utama: Pertanian – daging sapi dan susu sapi, ayam, jagung, anggur, biji bunga matahari, gandum. Manufaktur – bahan kimia, mesin, produk logam, makanan olahan, tekstil. Pertambangan – tembaga, kaolin, timah, garam, belerang.

Lagu kebangsaan: “Mila Rodino”.

Mata uang: lev. Seratus stotinki sama dengan satu lev.

Bentuk pemerintahan: Demokrasi parlementer.

Iklim: Mild di dekat Laut Hitam, dengan musim dingin yang dingin di pegunungan.

Komentar Anda