20 Fakta Unik Tentang China

Negeri Tirai Bambu ini menyimpan banyak fakta menarik untuk dibagikan. Berikut 20 fakta unik mengenai negara dengan penduduk terbesar di dunia ini:

Gambar Tembok Besar China

1. Google menawarkan download musik gratis yang legal di China dalam kemitraannya dengan label rekaman terbesar di dunia (sejak 2009).

2. Semua panda di dunia adalah pinjaman dari China. Saat bayi panda baru lahir, sesuai perjanjian bayi itu akan dikirim kembali ke China. Para bayi panda akan dikirim kembali ke China menggunakan jasa FedEx.

3. Ada sebuah aliran Kristen di China yang percaya bahwa Yesus saat ini tinggal di China sebagai seorang wanita China.

4. Setelah Mao Zedong meraih kekuasaan di China, ada begitu banyak kasus bunuh diri di Shanghai hingga orang-orang takut untuk berjalan di dekat gedung pencakar langit karena mereka khawatir akan kejatuhan orang dari atas.

5. Kebanyakan pensil kayu di dunia berwarna kuning, karena di tahun 1890, pensil grafit terbaik dunia berasal dari China. Di China, warna kuning dikaitkan dengan kekaisaran, sehingga produsen pensil Amerika mulai mewarnai pensil dengan warna kuning untuk menunjukkan produk mereka mengandung grafit China berkualitas tinggi.

6. Ada industri telur palsu di China, dan satu orang dapat membuat sekitar 1.500 butir telur palsu per hari.

7. Menggelitik adalah bentuk penyiksaan yang digunakan di kalangan bangsawan China kuno karena tidak meninggalkan bekas luka dan pemulihannya cepat.

8. Ketika McDonald pertama kali memperkenalkan konsep drive-thru ke China, konsep itu begitu asing hingga banyak orang yang mengambil makanan mereka melalui drive-thru, memarkir mobil mereka, dan membawa makanan tersebut ke dalam restoran untuk menyantapnya.

9. Meskipun memiliki lima zona waktu, seluruh China menggunakan waktu Beijing. Matahari terbit di kota Kashgar/Zhongquo (China Barat) secara resmi terjadi pada pukul 10:17.

10. Selama Perang Dunia II, Jepang membom China dengan kutu yang terinfeksi wabah pes.

11. Dulu ada toko-toko Apple palsu di China. Bahkan para stafnya yakin bahwa mereka memang bekerja untuk Apple.

12. Orang-orang kaya di China menyewa kembaran palsu untuk menjalani hukuman penjara mereka.

Yao Ming
Yao Ming

13. Brad Pitt dilarang memasuki China selamanya karena perannya dalam film Seven Years in Tibet.

14. Seorang pria di China membuat dirinya bertahan hidup dengan mesin dialisis buatan sendiri selama 13 tahun.

15. Pada masa China kuno, para tentara menggunakan boneka mannequin untuk memancing musuh menembakkan panahnya. Panah-panah yang bersarang pada boneka mannequin tersebut kemudian diambil untuk menambah cadangan panah pasukan.

16. Pada tahun 2006, China mmebantai sekitar 50.000 ekor anjing setelah tiga orang tewas karena rabies. Anjing yang berkeliaran disita dari pemiliknya dan dipukuli sampai mati di tempat oleh tim pemukul anjing. Sebagai kompensasi, pemilik anjing diberi 63 sen per ekor.

17. Pada tahun 1946, selama berlangsung survei lahan di provinsi Sichuan, seorang pengawas hutan menemukan sebuah pohon yang belum pernah terlihat sebelumnya. Iapun mengambil sampel pohon tersebut. Akhirnya terungkap bahwa pohon itu memang belum diketahui oleh ilmu pengetahuan dan hanya ada sebagai fosil. Pohon itu kemudian dikenal sebagai ‘Dawn Redwood’ dan kini sudah dikembangkan di banyak negara sebagai pohon hias.

18. Orang China menghabiskan sekitar 2,2 triliun batang rokok per tahun, dimana 400 miliar diantaranya adalah rokok palsu ilegal yang dibuat di pabrik-pabrik rokok di gua-gua, kuil, atau di bawah jalan raya kota China. Rokok ini biasanya mengandung 80% nikotin lebih banyak, 130% karbon monoksida lebih banyak, dan terkadang mengandung telur serangga dan tinja manusia.

19. Diperkirakan sekitar 10.000 ekor kucing dimakan per hari di provinsi Guangdong China.

20. Dua kota kuno di China tenggelam pada tahun 1959 oleh sebuah danau buatan manusia. Kejadian ini lama dilupakan sampai kedua kota ini ditemukan pada tahun 2001 oleh sebuah perusahaan wisata selam. Kedua kota itu tetap utuh dan berada dalam kondisi baik.

Komentar Anda