Sejarah dan Informasi Tentang Anjing Dalmatian

Dalmatian dinamai sesuai nama daerah Dalmatia di pantai Adriatik Kroasia. Selama berabad-abad Dalmatian digunakan sebagai anjing perang, pemburu, retriever, dan penjaga. Dalmatian bahkan menjadi hewan peliharaan untuk keperluan fashion pada abad ke-18 dan ke-19 oleh orang kaya yang tinggal di Inggris, tempat di mana sebenarnya pembiakan Dalmatian modern dibentuk.

Foto Anjing Dalmatian Lucu

Beberapa tahun kemudian anjing Dalmatian mulai masuk ke Amerika Serikat, dan mereka dengan cepat mulai dikenal secara luas. Bahkan saat ini, Dalmatian masih dikenal sebagai anjing simbol pemadam kebakaran. Trah anjing tutul ini digunakan di stasiun pemadam kebakaran karena mereka pernah digunakan untuk memimpin kuda yang menarik kereta pada abad ke-19. Akhirnya Dalmatian tidak lagi digunakan untuk tugas-tugas pemadam kebakaran dan mereka menjadi anjing peliharaan dan anjingshow.

Tidak hanya menjadi simbol Amerika untuk anjing pemadam kebakaran, Dalmatian juga dikenal karena peran mereka dalam film 101 Dalmatians. Film bertema Dalmatian ini sukses meroketkan popularitas Dalmatian sebagai hewan peliharaan rumahan setelah jenis anjing ini jumlahnya terus turun selama bertahun-tahun.

Penampilan Dalmatian

Ketika orang berpikir tentang jenis anjing Dalmatian, hal pertama yang melintas dalam pikiran pastilah bulu hitam dan putihnya yangkhas. Meskipun jarang, cukup mengejutkan bahwa ternyata ada Dalmatian yang memiliki tutul atau bintik-bintik cokelat. Bulu anjing Dalmatian pendek dan ramping, membuat jenis anjing ini membutuhkan sangat sedikit perawatan.

Dalmatian memiliki dada yang mendalam besar yang mengarah ke pinggang yang cukup kecil. Anjing jenis non-sporting ini memiliki telinga biasa berukuran segitiga, moncong persegi berukuran menengah, mata lebar yang indah, dan hidung yang cocok dengan warna bintik-bintik hitam atau coklat mereka. Kaki Dalmatian panjang dan ramping; tubuh mereka panjang dan agak melengkung.

Temperamen Dalmatian

Dalmatian umumnya adalah hewan peliharaan yang sangat menyenangkan dan biasanya bisa menjadi anggota keluarga yang baik. Namun ada beberapa kasus di mana Dalmatian jantan memiliki masalah dengan temperamen dan agresi, sehingga disarankan memelihara Dalmatian betina bagi keluarga yang memiliki anak kecil.

Banyak orang beranggapan bahwa Dalmatian adalah anjing yang kurang cerdas dibandingkan semua ras anjing, jadi jika Anda sedang mencari anjing pendamping yang dapat melakukan trik dan tugas yang sulit, jangan memilih Dalmatian. Meski demikian, masih banyak kelebihan yang dimiliki Dalmatian yang membuatnya juga cocok dipelihara sebagai anjing keluarga.

Komentar Anda