Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 6 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 6 Juni:

Kilas Balik Juni

1982: Pada babak lain dari Perang Arab-Israel, Israel melancarkan invasi besar-besaran pada Lebanon untuk menghancurkan basis PLO di sana dan untuk mengakhiri serangan-serangan pada perbatasannya.

1968: Robert F. “Bobby” Kennedy, adik Presiden AS John F. Kennedy, tewas setelah ditembak oleh Sirhan Sirhan, seorang yang berkewarganegaraan Yordania.

1967: Pada malam hari, Israel telah menghancurkan efektivitas tempur angkatan udara utama Arab, pada hari pertama Perang Enam Hari, atau Perang Arab-Israel ketiga.

1944: Normandy Invasion (kode nama, Operation Overlord) dimulai ketika tentara Sekutu, di bawah arahan Panglima Tertinggi Dwight D. Eisenhower, mendarat di pantai Perancis; invasi D-Day ini memulai tahap akhir Perang Dunia II di Eropa.

1918: Selama Perang Dunia I, pasukan AS memulai pertempuran penting di Belleau Wood, di utara Perancis, di mana mereka menghentikan serangan Jerman; pertempuran berlanjut sampai 25 Juni.

1799: Patrick Henry, orator paling terkenal pada masa Revolusi Amerika (“Beri aku kebebasan, atau berikan aku kematian”), meninggal dunia.

1599: Diego Velázquez dibaptis di Seville; ia adalah pelukis Spanyol abad ke-17 yang merupakan jenius dalam hal membuat komposisi dan sapuan kuas yang brilian, menempatkan dia di peringkat pertama dari semua seniman Barat.

Komentar Anda