Fakta dan Informasi Lengkap Tentang Anjing Rottweiler

Rottweiler adalah jenis anjing yang dikembangkan di Jerman beberapa ratus tahun yang lalu. Di Jerman, anjing pekerja ini banyak digunakan karena keterampilan berburu mereka yang mengesankan dalam menjatuhkan seekor babi hutan. Rottweiler juga memiliki kemampuan sebagai anjing penjaga ternak.

Anjing Rottweiler

Beberapa orang percaya bahwa German Rottweiler adalah keturunan dari anjing Tibetan Mastiff di zaman Romawi kuno, sejarawan lain mengatakan bahwa Rottweiler berasal dari German Shepherd versi awal. Karena perbedaan pendapat itulah nenek moyang Rottweiler yang sebenarnya tidak bisa diketahui dengan pasti.

Selama Perang Dunia I, Rottweiler digunakan sebagai anjing polisi dan anjing penjaga. Karena peran utama Rottweiler dalam Perang Dunia I, American Kennel Club mengakui anjing penjaga cerdas ini sebagai trah anjing resmi pada tahun 1935, meskipun sebenarnya German Rottweiler sudah ada selama bertahun-tahun sebelum perang terjadi. Kemudian, butuh waktu 30 tahun bagi British Kennel Club untuk mengakui Rottweiler sebagai ras anjing yang sah.

Pada beberapa dekade terakhir, Rottweiler telah menjadi salah satu anjing paling terkenal di seluruh Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Namun, Rottweiler memiliki reputasi buruk berkaitan dengan temperamen mereka, tetapi di saat yang sama, Rottweiler dianggap sebagai salah satu anjing penjaga terbaik yang pernah ada.

Bulu Rottweiler

Rottweiler umumnya memiliki bulu hitam klasik dengan belang berwarna tan atau coklat yang mirip dengan warna Doberman Pinscher. Anjing Rottweiler memiliki belang tan pada alis, moncong, cakar, di bawah ekor, kaki, dan kadang-kadang di dada mereka. Rottweiler (disebut juga Rottweiler atau Rott) memiliki bulu lurus dan bertekstur kasar serta sedikit mengkilap. Anjing ini memiliki bulu berlapis tunggal, kecuali bulu berlapis ganda pada bagian paha dan leher.

Penampilan Rottweiler

anjing Rottweiler

Rottweiler memiliki tubuh maskulin yang berotot dan kokoh dengan dada luas mendalam yang mengarah ke pinggang yang cukup kecil, membuat penampilan anjing yang satu ini sangat menakutkan. Rottweiler memiliki kepala besar tebal yang kompak dan pendek dengan rahang yang sangat kuat; anjing ini memiliki moncong persegi, mata coklat berbentuk almond, dan telinga kecil berbentuk segitiga. Sangat jarang untuk melihat Rottweiler tanpa ekor gemuk. Anjing German Rottweiler memiliki punggung melengkung dan tergolong anjing berperawakan cukup besar. Secara keseluruhan, penampilan Rottweiler mirip dengan anjing Bullmastiff.

Tinggi dan Berat Badan Standar

Tinggi: 56-63 cm (betina), 61-69 cm (jantan)

Jika salah satu Rottweiler jantan atau betina memiliki tinggi lebih atau kurang dari normal, maka anjing tersebut dianggap memiliki fisik yang buruk untuk pembibitan anjing.

Berat: 50 – 60 kg (jantan, dewasa), 35-48 kg (betina, dewasa). Berat badan yang lebih atau kurang dianggap tidak sehat.

Kesehatan Rottweiler

Secara keseluruhan Rottweiler adalah jenis anjing yang sehat, tapi seperti 95% ras anjing ras lainnya, anjing ini juga rentan terhadap beberapa kondisi kesehatan turunan. Beberapa kondisi kesehatan turunan yang sering terjadi pada Rottweiler adalah displasia pinggul dan beberapa masalah mata. Rottweiler memiliki risiko tinggi terkena displasia pinggul jika mereka kelebihan berat badan. Resiko terkena displasia pinggul pada Rottweiler juga meningkat seiring usia.

Harapan Hidup Rottweiler

Rottweilers memiliki harapan hidup rata-rata 11 sampai 12½ tahun. Namun Rottweiler dapat hidup beberapa tahun di luar harapan hidup rata-rata jika mereka sehat secara jasmani dan bahagia secara mental. Hal yang sama berlaku untuk Rottweiler yang terlantar atau sakit, yakni akan memiliki harapan hidup beberapa tahun di bawah rata-rata jika mereka menderita gizi buruk, ditelantarkan, kelebihan berat badan atau obesitas, dan mengembangkan gangguan kesehatan yang mengancam nyawa semata-mata karena kurang beruntung.

Pelatihan Rottweiler

Melatih Rottweiler

Ketika melatih Rottweiler, penting untuk diingat agar selalu menggunakan teknik pelatihan anjing yang positif. Rottweiler rentan mengembangkan agresi dan masalah temperamental lain bila teknik pelatihan anjing yang negatif dan kasar digunakan untuk melatihnya. Ketika Rottweiler dilatih menggunakan teknik pelatihan anjing yang positif, mereka akan menjadi anjing yang berperilaku baik, tetapi bila mereka diabaikan atau pelatihan anjing diberikan secara tidak benar, mereka dapat menjadi sangat berbahaya karena tenaga, ukuran, dan kekuatan mereka yang besar.

Percaya atau tidak, Rottweiler adalah anjing yang sangat cerdas yang akan merespon dengan baik semua latihan ketaatan anjing. Tidak hanya itu, Rottweiler adalah jenis anjing yang paling mudah untuk dilatih secara keseluruhan. Meskipun demikian,banyak pemilik anjing yang kurang berpengalaman melatih Rottweiler secara tidak benar. Rottweiler bukanlah pilihan yang tepat untuk pemilik anjing baru dan kurang berpengalaman.

Membeli Anak Anjing Rottweiler

Anak Rottweiler

Jika Anda tertarik untuk membeli puppy atau anak anjing Rottweiler, ada beberapa hal yang harus Anda dipertimbangkan. Pertama, Anda harus memilih anak anjing Rottweiler dari peternak Rottweiler terkemuka. Anda harus selalu membeli anjing ras apapun dari orang-orang yang dapat dipercaya. Kedua, kini sebagian besar peternak Rottweiler profesional telah membuang semua sifat agresif yang tidak perlu dari Rottweiler, jadi sekarang Anda dapat membeli anak anjing Rottweiler yang akan tumbuh menjadi anjing pendamping yang sangat taat dan di waktu yang sama bisa menjadi anjing penjaga yang dapat diandalkan.

Baca 10 Kelebihan Anjing Rottweiler Di Sini

Komentar Anda