Cara Mendekati Anjing yang Sedang Menggonggong

Terkadang sebagian dari kita merasa canggung atau bahkan takut ketika menghadapi anjing yang sedang menggonggong atau menyalak. Sulit untuk mengetahui apakah anjing yang sedang menggonggong itu agresif pada Anda atau mungkin ia hanya mencoba untuk mendapatkan perhatian atau menyapa Anda.

Anjing Menggonggong

Mendekati anjing yang menggonggong tidak selalu mudah, bahkan hal ini bisa sangat sulit dan menakutkan. Namun, memiliki pengetahuan yang tepat tentang cara menyapa anjing orang asing atau anjing sahabat Anda dapat mengubah cara anjing tersebut bereaksi terhadap Anda dan cara Anda bereaksi terhadap anjing tersebut.

Dengan beberapa strategi kunci dasar, Anda akan dapat mengatasi setiap anjing yang menggonggong dalam waktu singkat. Ketika seekor anjing sedang menggonggong pada Anda, inilah yang harus Anda lakukan:

Langkah 1

Perlahan-lahan berjalanlah mendekati anjing yang menggonggong itu, tapi tetaplah menjaga jarak. Jika ia tampaknya akan marah atau berlaku agresif, jangan berjalan lebih dekat. Berikan anjing itu waktu barang sejenak, dan cobalah untuk membaca emosi anjing itu secara menyeluruh.

~ Ingat, terkadang yang terbaik adalah membiarkan anjing datang kepada Anda, bukan Anda yang datang pada anjing. Banyak anjing yang menggonggong secara alami akan menjaga jarak dari Anda sampai dia merasa cukup nyaman untuk melihat dan mempelajari “orang asing” tersebut.

Langkah 2

Jika Anda merasa jarak sudah aman, Anda bisa berjalan sedikit lebih dekat dengan tetap waspada. Jangan menatap mata anjing. Anjing biasanya menganggap kontak mata langsung sebagai tantangan dan bahkan mungkin ia akan mencoba menyerang Anda, meskipun biasanya mereka hanya akan menggertak atau mengancam jika itu yang terjadi. Hal yang paling aman untuk dilakukan adalah melihat ke bawah pada kaki anjing dan menjauhkan pandangan dari wajahnya.

~ Perlu diingat, jika anjing tampaknya agak netral atau sulit dibaca, berikan sedikit waktu pada anjing yang menggonggong itu untuk beristirahat. Sampai titik ini, Anda bisa mengetahui dengan cukup jelas bagaimana perasaan anjing tentang Anda.

~ Biasanya ketika anjing berhenti menggonggong atau gonggongan anjing menjadi lebih pelan, ini mungkin berarti anjing tidak lagi merasa gembira atau terancam dengan kehadiran Anda, tentu saja selama anjing itu juga tidak menggeram.

Langkah 3

Jika anjing tampaknya cukup ramah, Anda sekarang dapat mengulurkan tangan ke arahnya dari jarak yang wajar. Berikan anjing cukup ruang untuk memilih apakah ia ingin atau tidak ingin mengendus tangan Anda. Jika anjing tidak tertarik menyambut uluran tangan Anda, jangan memaksanya menyambut Anda. Saat mengulurkan tangan, usahakan posisi tangan sedikit terkepal, karena bila di luar dugaan anjing tersebut menggigit, ia tidak akan bisa menggigit jari atau benar-benar melukai tangan Anda.

Langkah 4

Gunakan suara lembut ketika berbicara dengan anjing. Nada lembut suara Anda akan membuat anjing itu merasa bahwa Anda tidak memiliki niatan buruk padanya atau pada pemiliknya.

Langkah 5

Sebelum melakukan hal-hal lain, berikan sedikit waktu pada anjing untuk menenangkan diri bila ia nampak belum tenang.

Langkah 6

Jika anjing kembali menggonggong, biarkan saja. Jika anjing ini kerap bertemu dengan Anda, maka secara perlahan Anda bisa membangun hubungan dan kepercayaan dengannya dari waktu ke waktu.

~ Ingatlah untuk tidak mendekati anjing asing atau bahkan anjing peliharaan ketika ia menggigit mainan, tulang, atau benda lainnya. Beberapa anjing terkadang terlalu protektif terhadap barang-barangnya dan tanpa peringatan ia bisa menerkam atau menggigit setiap saat.

~ Sangat penting diketahui bahwa seseorang sebaiknya tidak mengganggu atau mengusik anjing yang sedang makan. Sama seperti harta benda lainnya, anjing bisa menjadi marah atau agresif ketika makanan mereka sedang terancam.

Langkah 7

Jangan terburu-buru. Jika seekor anjing ingin berteman dengan Anda, ia akan memberi tahu perasaannya pada Anda dengan jelas di saat yang tepat. Jika anjing tidak sepenuhnya yakin atau tampak gugup, lebih baik jangan pernah mendekatinya ketika ia sedang menyalak dan biarkan anjing itu yang pertama menyambut Anda.

Langkah 8

Jika semua berjalan dengan baik -dan biasanya memang berhasil- Anda akan memiliki teman baru dalam waktu singkat! Anjing adalah hewan sosial, dan mereka mencintai orang. Kebanyakan anjing menyayangi semua orang, tetapi terkadang ada juga anjing yang benar-benar susah diajak berteman. Itulah mengapa Anda harus tetap berhati-hati. Sama seperti Anda yang mungkin merasa sedikit terancam, takut, atau berhati-hati dengan anjing, anjing juga merasakan hal yang sama dengan Anda.

Komentar Anda