Berbagai Fakta Unik Tentang Austria

Berbatasan dengan Swiss, Jerman, Italia, Slovenia, Hungaria, Slovakia, dan Republik Ceko, Austria adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Eropa Tengah. Negara ini menyetujui amandemen konstitusi pada tahun 1955 yang menyatakan ‘netralitas abadi’ sebagai prasyarat bagi penarikan pasukan Soviet yang menduduki Austria.

Fakta Menarik Austria

Austria mengadopsi Euro sebagai mata uang sah pada awal abad ke-21. Anda dapat membeli Kaiserschmarrn (makanan khas Austria) dengan mata uang itu. Negara ini memiliki luas 83,8 kilometer persegi. Sebagai perbandingan, Negara Bagian AS California memiliki luas 423,7 kilometer persegi. Artinya, luas California lima kali dari luas Austria.

Gunung Grossglockner merupakan titik tertinggi di negara ini, yang menjulang setinggi 3.798 meter di atas permukaan laut. Dalam bahasa Jerman, gross berarti ‘besar’ dan glockner diterjemahkan menjadi ‘bel dering.’

Austria tidak memiliki angkatan laut, tapi laki-laki yang berusia antara usia 18 hingga 35 tahun harus mengikuti wajib militer di angkatan darat dan angkatan udara. Wajib militer Austria meliputi program pelatihan militer 6 bulan, diikuti pengabdian 8 tahun sebagai tentara cadangan. Menurut undang-undang, tidak ada anggota militer yang boleh ditempatkan di luar negeri untuk operasi militer.

Kurang dari satu persen dari PDB (Produk Domestik Bruto) dihabiskan untuk militer. Seperti yang diatur dalam konstitusi mereka, kewajiban utama militer Austria antara lain:

Menjaga lembaga-lembaga yang didirikan secara konstitusional dan kebebasan demokratis,

Memelihara ketertiban dan keamanan di dalam negeri, dan

Memberikan bantuan berkaitan dengan bencana alam yang melebihi kemampuan infrastruktur.

Sistem pertahanan udara Austria disebut Goldhaube. Sejak tahun 1988, pos-pos radar stasioner dan teknologi radar canggih telah bekerja untuk memantau wilayah udara Austria. Pesawat ditugaskan untuk memberi peringatan langsung pada pesawat asing yang mendekati perbatasan. Beberapa kali, mungkin tidak disengaja, pelanggaran terhadap wilayah udara Austria terdeteksi, tapi tidak pernah sampai meletuskan peperangan.

Eurofighter adalah salah satu pesawat andalan Angkatan Udara Austria. Pesawat-pesawat ini juga bertugas di bandara Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Kerajaan Arab Saudi, dan Kesultanan Oman. Pesawat tempur ini memiliki performa tinggi yang membuatnya menjadi raja udara.

Sungai Danube

Mengalir dari barat ke timur wilayah Austria adalah Sungai Danube. Ini adalah satu-satunya sungai besar Eropa yang mengalir ke arah ini. Salju yang mencair dari pegunungan Alpen memasok air ke sungai. Sungai ini bermula di Jerman dan berakhir di Laut Hitam di Moldova. Sungai ini telah lama menjadi rumah bagi ikan sturgeon. Bendungan di sungai mencegah migrasi tahunan ikan. Penangkapan ikan berlebihan juga dilarang, demikian juga dengan limpasan produk pertanian yang berlebihan.

Ikan sturgeon di sungai Danube memiliki 4 lubang hidung, yang digunakan untuk ‘mengendus’ jalan kembali ke sungai ketika waktu pemijahan tiba. Ikan ini hanya mau berkembang di tempat di mana ia lahir, oleh karena itu jalur migrasi yang jelas sangat penting untuk kelangsungan hidup spesies ini.

Kopi Austria

Austria, khususnya Wina, memiliki sejarah panjang tentang kopi dan tradisi minum kopi. Minuman ini telah lama terjalin dalam budaya Austria. Diperkirakan satu emporium (toko) kopi ada untuk setiap 550 orang di negeri ini. Orang Austria suka menikmati waktu ngopi sambil merokok. Kedai kopi raksasa, Starbucks, juga telah membuka toko di Wina dan menuai kesuksesan meskipun memberlakukan larangan merokok di toko-toko mereka.

Orang-orang Austria

Secara keseluruhan hanya ada sekitar 8 juta orang Austria asli. Orang Austria asli memiliki titngkat kelahiran yang sangat rendah, hanya sekitar 0,035 persen. Kota Wina memberikan fasilitas yang baik untuk orang Austria, sekitar 1,7 juta orang Austria tinggal di kota itu. ‘Orang Austria’ dianggap sebagai suatu kelompok etnis, dengan lebih dari 91 persen dari total populasi merupakan etnis asli Austria. Sisanya 9 persen didominasi etnis Yugoslavia, Turki, dan Jerman.

0 thoughts on “Berbagai Fakta Unik Tentang Austria

  • 12/26/2014 at 8:50 am
    Permalink

    trima kasih yaa. blog ini informatif…

    Reply

Komentar Anda