Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 5 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 5 Juni:

Kilas Balik Juni

2004: Ronald Reagan, aktor, Gubernur California, dan presiden Amerika Serikat dua periode (1981-1989), meninggal dunia pada usia 93 tahun.

1976: Teton Dam, di tenggara Idaho, jebol akibat erosi internal material inti; area seluas 777 km2 banjir, 11 orang meninggal, dan lebih dari 25.000 orang kehilangan tempat tinggal.

1967: Perang Arab-Israel ketiga, juga dikenal sebagai Perang Enam Hari, dimulai setelah pemerintah Israel menyetujui serangan udara terhadap tetangga Arabnya, sebagai reaksi terhadap ancaman dan provokasi berturut-turut; perang itu menjadi kekalahan telak negara-negara Arab, membuat Israel menguasai wilayah yang luas.

1947: Menteri Luar Negeri AS, George C. Marshall, dalam sebuah pidato di Harvard mengusulkan agar negara-negara Eropa menyusun rencana untuk rekonstruksi ekonomi setelah Perang Dunia II yang akan didanai oleh Amerika Serikat; rencana ini kemudian dikenal sebagai Marshall Plan atau secara resmi disebut Program Pemulihan Eropa.

1916: Selama Perang Dunia I, Revolusi Arab terhadap kekuasaan Turki Ottoman dimulai di Hijaz (sekarang Arab Saudi); di bawah kepemimpinan arkeolog Inggris T.E. Lawrence, revolusi ini secara bertahap menekan Turki untuk mundur, sampai pada bulan Oktober 1918 Arab menguasai Damaskus.

1884: William Tecumseh Sherman, jenderal Perang Saudara AS yang terkenal, mengirim pesan kepada Konvensi Nasional Partai Republik untuk menolak pencalonan dirinya sebagai presiden: “Saya tidak akan menerima jika dicalonkan dan tidak akan menjadi presiden jika terpilih.”

1783: Montgolfier bersaudara, yang menemukan balon praktis pertama, melakukan pertunjukan penemuan mereka; balon tersebut, yang terbuat dari sutra dan dilapisi dengan kertas untuk memerangkap asap dari api, naik ke ketinggian sekitar 1,8 km, terbang lebih dari 1,6 km, dan tetap berada di ketinggian selama 10 menit.

Komentar Anda