Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 3 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 3 Juni:

Kilas Balik Juni

1999: Slobodan Milosevic dan parlemen Yugoslavia menerima rencana perdamaian untuk mengakhiri Perang Yugoslavia atas Kosovo.

1989: Ayatollah Khomeini, yang mengubah Iran menjadi Republik Islam teokratis, meninggal dunia.

1989: Setelah enam minggu didemo, pemerintah China mengirim tank dan pasukannya untuk memaksa demonstran pro-demokrasi membubarkan diri dari pusat kota Beijing yang menyebabkan tragedi Pembantaian Lapangan Tiananmen yang berdarah.

1968: Seniman dan pembuat film Andy Warhol ditembak oleh Valerie Solanis, seorang feminis radikal, di studionya, Factory; meski pada awalnya dianggap tewas, Warhol akhirnya pulih.

1965: Astronaut Edward White menjadi orang Amerika pertama yang berjalan di luar angkasa, saat misi Gemini 4 diluncurkan.

1948: Teleskop Hale, teleskop terbesar di dunia dari tahun 1948 sampai akhir tahun 1970-an, didedikasikan di Observatorium Palomar di California.

1864: Dalam Pertempuran Cold Harbor, jenderal Union Ulysses S. Grant mengalami kekalahan terburuknya dalam Perang Saudara Amerika Serikat.

1621: Dutch West India Company mendapat hak khusus dan segera mulai membangun koloninya di New World, yakni di Brasil, Dutch Guiana (sekarang Suriname), Antilles, dan New Netherland (sekarang New York).

Komentar Anda