Penemuan Dinosaurus Terbesar Sepanjang Masa

Dinosaurus ini setinggi bangunan tujuh lantai, satu setengah kali lebih besar dari lapangan basket, dan beratnya 11 kali lipat dari Tyrannosaurus (T-rex). Fosil dinosaurus baru ditemukan, yang oleh para ilmuwan dianggap sebagai dinosaurus terbesar yang pernah hidup di muka bumi.

Ahli paleontologi baru-baru ini menemukan sebuah tulang besar di wilayah Patagonia Argentina. Mereka percaya tulang ini milik spesies titanosauria yang tidak pernah dilihat sebelumnya.

Dinosaurus terbesar di dunia

José Luis Carballido dan Diego Pol adalah dua ahli paleontologi membuat penemuan ini. “Melihat ukuran tulang-tulang ini… dinosaurus baru ini adalah hewan terbesar yang berjalan di bumi yang pernah diketahui,” kata mereka pada British Broadcasting Corporation.

Titanosauridae menjelajahi hutan raksasa bumi sekitar 100 juta tahun yang lalu. Mereka termasuk ke dalam kelompok dinosaurus yang lebih besar, yang disebut sauropoda. Kelompok ini mencakup dinosaurus terkenal seperti Brachiosaurus.

Sauropoda memiliki leher dan ekor panjang dan berjalan dengan empat kaki. Meskipun ukuran mereka raksasa, mereka adalah herbivora, atau pemakan tanaman. Mereka menggunakan leher panjangnya untuk mengggapai daun lezat di puncak pohon.

Bagaimana ilmuwan menemukan tulang yang menakjubkan ini? Seorang petani pertama kali melihat fosil titanosauria (tetap dipertahankan) pada tahun 2011. Penemuan ini langsung dilaporkan ke Museum of Paleontology Egidio Feruglio di Argentina. Pihak museum mengirim tim untuk menggali dan meneliti tulang tersebut.

Tim menggali 150 fosil dari tujuh ekor titanosaurus yang berbeda. Dan yang paling mengejutkan adalah spesimen terbesarnya nyaris lengkap. Sangat jarang untuk menemukan titanosauria yang fosilnya tidak tersebar atau bagian-bagiannya lengkap.

Para ilmuwan berpikir dinosaurus ini mati setelah terjebak dalam lumpur atau kekurangan air selama musim kemarau. Mereka juga menemukan gigi dinosaurus pemakan daging di dekatnya. Karnivora ini mungkin telah mengudap bangkai titanosaurus tersebut.

Dinosaurus jenis baru ini masih belum diberi nama. Para ilmuwan yang menemukannya berpikir bahwa nama itu harus menggambarkan kebesaran titanosauria agar dapat dikenal sebagai dinosaurus terbesar di dunia. Dinosaurus ini menggantikan pemegang rekor sebelumnya, Argentinosaurus, jenis lain dari titanosauria yang juga pertama kali ditemukan di Argentina.

0 thoughts on “Penemuan Dinosaurus Terbesar Sepanjang Masa

  • 12/04/2014 at 7:21 pm
    Permalink

    wah keren sekali besar sekali ya

    Reply

Komentar Anda