Perjalanan Hidup Penjelajah Sir Alexander Mackenzie

Sir Alexander Mackenzie lahir di Skotlandia pada tahun 1764, dan meninggal dunia pada tanggal 12 Maret 1820. Ia adalah seorang pedagang bulu dan penjelajah Kanada. Keluarganya membawanya ke New York pada tahun 1774, dan ia dikirim ke Kanada setelah pecahnya Revolusi Amerika.

Sir Alexander Mackenzie

Pada tahun 1779, Mackenzie memasuki sebuah perusahaan perdagangan bulu Montreal (kemudian disebut Gregory, McLeod and Company) dan menjadi mitra enam tahun kemudian. Perusahaan ini kemudian diambil alih oleh North West Company pada tahun 1787, dan Mackenzie dikirim ke tempat yang sekarang menjadi provinsi Alberta, di mana ia mendirikan Fort Chipewyan di Danau Athabasca.

Tertarik dalam eksplorasi, Mackenzie menuju ke utara dari Chipewyan pada tanggal 3 Juni 1789. Ia pergi lewat Sungai Slave dan Slave Lake, memasuki sungai yang menyandang namanya dan mengikutinya hingga ke Samudra Arktik.

Pada 12 September ia kembali ke Chipewyan setelah melakukan perjalanan sejauh 4.800 km dengan sampan selama 102 hari. Meskipun kekurangan dukungan dari mitra dagang North West Company, Mackenzie melakukan perjalanan kedua pada tahun 1793. Kali ini ia mengikuti sungai Peace, Parsnip, Fraser, Blackwater, dan Bella Coola. Ia mencapai Samudera Pasifik di Dean Channel pada 22 Juli 1793, sehingga menjadi orang Eropa pertama yang melintasi benua di utara Meksiko.

Pada tahun 1799, Mackenzie meninggalkan North West Company; ia bergabung dengan XY Company, sebuah badan usaha saingan, sebagai mitra utama pada tahun 1802. Dianugerahi gelar kebangsawanan di tahun yang sama, Mackenzie kembali ke Skotlandia pada tahun 1808 dan menghabiskan sisa hidupnya di sana. Ia menulis catatan perjalanannya, Voyage from Montreal on the River St. Lawrence, through the Continent of North America, to the Frozen and Pacific Oceans, in the Years 1789 and 1793, yang diterbitkan pada tahun 1801.

Komentar Anda