Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 1 Juni

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 1 Juni:

Kilas Balik Juni

Setiap tahun: Hari raya Saint Justin Martyr, yang diakui sebagai salah satu penulis Kristen awal paling penting.

2004: Pasukan penjaga perdamaian PBB (termasuk 1.200 tentara dari Brazil) mengambil alih tugas pasukan multinasional pimpinan Amerika Serikat untuk menstabilkan Haiti.

2001: Raja Birendra dari Nepal, istrinya, dan beberapa anggota lain dari keluarga kerajaan Nepal dibunuh oleh Putra Mahkota Dipendra, dalam apa yang diyakini sebagai perselisihan keluarga; Dipendra juga menembak dirinya sendiri dan tewas tiga hari kemudian.

1980: Ted Turner meluncurkan Cable News Network (CNN).

1967: The Beatles merilis album Sergeant Pepper’s Lonely Hearts Club Band, album rock pertama yang dirancang secara tematis sebagai entitas musik tunggal; umumnya dianggap sebagai kesuksesan terbesar mereka.

1963: Koloni Inggris, Kenya, menjadi berdaulat, sebuah awalan untuk kemerdekaan penuh yang dicapai Kenya pada bulan Desember di tahun yang sama.

1958: Charles de Gaulle diangkat menjadi perdana menteri Perancis, menuntut (dan menerima) kekuasaan darurat untuk menangani krisis yang disebabkan oleh ketidakmampuan negara dalam menghadapi Perang Aljazair; ia juga memperoleh hak untuk menyusun konstitusi baru, yang pada waktunya menghasilkan Republik Kelima, dengan de Gaulle menjadi presiden.

1943: Aktor Leslie Howard tewas ketika pesawatnya ditembak jatuh oleh pasukan Jerman saat ia kembali dari tur Spanyol dan Portugal yang disponsori pemerintah Inggris untuk menjadi pembicara saat terjadi Perang Dunia II.

1939: Solomon R. Guggenheim Museum, yang didedikasikan untuk mempromosikan dan mendorong seni modern, dibuka untuk umum di New York City.

1938: Tokoh superhero legendaris, Superman, memulai debutnya dalam Action Comics.

Komentar Anda