Fakta-fakta Tentang Negara Andorra

Banyak wisatawan mengunjungi Andorra yang merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Mereka menikmati keindahan pegunungan, gereja-gereja tua, dan keunikan lain di negeri ini. Selain itu, sejumlah besar orang pergi ke Andorra untuk membeli barang-barang yang relatif murah karena Andorra nyaris tidak menerapkan pajak pada barang-barang yang dijual di sana.

Andorra

Pegunungan berbatu curam yang mengelilingi Andorra memisahkan negara ini dari seluruh dunia selama ratusan tahun. Akibatnya, batas-batas Andorra hanya sedikit berubah sejak Abad Pertengahan. Sistem hukum Andorra didasarkan pada hukum kuno dan common law (aturan berdasarkan adat) yang berasal dari Kekaisaran Romawi.

Bentuk pemerintahan Andorra adalah parlemen coprincipality. Sampai tahun 1993, uskup dari Urgel, Spanyol, dan presiden Perancis memerintah Andorra bersama-sama di bawah perjanjian yang ditandatangani pada tahun 1200-an. Kedua penguasa, yang dikenal sebagai “pangeran Andorra,” harus diminta persetujuannya pada setiap perubahan yang dibuat dalam pemerintahan Andorra. Setiap pangeran memiliki hak untuk memveto undang-undang yang dibuat oleh parlemen.

Pada tahun 1993, warga Andorra mengadopsi konstitusi pertama mereka. Konstitusi ini membuat pejabat terpilih bertanggung jawab untuk mengatur Andorra. Peran para pangeran sebagian besar sifatnya hanya seremonial. Tapi pangeran masih harus menyetujui perjanjian internasional dengan Perancis dan Spanyol, dan beberapa hal lain yang menyangkut batas-batas, pertahanan, dan keamanan dalam negeri.

Sebuah parlemen beranggotakan 28 orang yang dikenal sebagai Dewan Umum Lembah membuat hukum negara. Dua anggotanya dipilih dari masing-masing tujuh paroki (distrik) Andorra, dan 14 anggota lainnya dipilih secara nasional. Dewan Umum memilih seorang kepala pemerintahan dari antara para anggotanya. Kepala pemerintahan kemudian menunjuk kabinet, Dewan Eksekutif, untuk membantu mengelola pemerintahan.

Karena Andorra memiliki dua penguasa selama ratusan tahun, negara ini sering memiliki dua bentuk pelayanan publik. Sebagai contoh, Andorra memiliki dua sistem pos, yakni sistem pos Perancis dan Spanyol. Baik franc Perancis dan peseta Spanyol digunakan sebagai mata uang resmi hingga tahun 2002, ketika Andorra menggunakan euro, mata uang umum Eropa.

Ibukota: Andorra la Vella.

Bahasa resmi: Catalan.

Area: 468 km2. Jarak terjauh – utara-selatan, sekitar 26 km; timur – barat, sekitar 31 km.

Elevasi: tertinggi – Coma Pedrosa, 2.946 m di atas permukaan laut. Terendah 840 m di atas permukaan laut.

Populasi: Perkiraan – 86.000 jiwa; kepadatan, 184 per km2; distribusi, 87% di perkotaan, 13% persen di pedesaan.

Produk utama: Pertanian – oat, kentang, gandum, domba, tembakau. Produk manufaktur tembakau.

Mata uang: Euro. Seratus sen sama dengan satu euro. Franc Perancis dan peseta Spanyol ditari keluar dari peredaran pada tahun 2002.

Bentuk pemerintahan: Parlemen coprincipality. Andorra memiliki pemerintahan demokratis yang dipimpin oleh Uskup dari Urgel, Spanyol, dan presiden Perancis.

Iklim: Kering dan cerah, dengan salju tebal di musim dingin.

Komentar Anda