Fakta-fakta Mengenai Negara Albania

Pegunungan menutupi sebagian besar wilayah Albania. Gunung North Albania Alps memiliki tinggi sekitar 2.590 meter di atas permukaan laut. Gunung Korab, dengan tinggi 2.764 meter, berada di bagian timur laut negara itu dan merupakan titik tertinggi Albania. Dataran pesisir terletak di sepanjang Laut Adriatik. Hutan semak belukar mencakup sekitar 30 persen dari luas Albania.

Lanskap Albania

Sungai utama di Albania antara lain Bune, Drin, Shkumbin, dan Vjose, semuanya bermuara ke Laut Adriatik. Sungai Bune adalah satu-satunya sungai yang dapat digunakan untuk pelayaran. Albania berbagi Lake Scutari (juga disebut Danau Skhodra) dengan Montenegro, Danau Ohrid dengan Macedonia, dan Danau Prespa dengan Macedonia dan Yunani.

Di sepanjang Adriatik, iklimnya nyaman, dengan musim panas yang kering dan musim dingin yang berhujan. Gunung-gunung memiliki iklim yang moderat. Curah hujan tahunan rata-rata di negara itu bervariasi antara 100 sampai 150 cm.

Albania adalah salah satu negara termiskin di Eropa. Pertanian merupakan sektor penting ekonomi Albania, dan mempekerjakan lebih banyak warga Albania daripada kegiatan ekonomi lainnya. Tanaman utama di sana meliputi jagung, anggur, zaitun, kentang, bit, sayuran, dan gandum. Para petani juga memelihara ternak seperti sapi, kambing, unggas, dan domba.

Albania kaya akan sumber daya mineral. Tambang Albania menghasilkan kromit, tembaga, lignit, dan mineral lainnya. Negara ini juga memproduksi gas alam dan minyak bumi. Albania memiliki relatif sedikit pabrik. Produk pabrik meliputi semen, produk makanan, dan tekstil.

Ekspor Albania antara lain kromit dan mineral lainnya, alas kaki, buah-buahan dan sayuran, serta tekstil. Mesin pertanian dan industri serta makanan menjadi impor utamanya. Albania lebih banya mengimpor ketimbang mengekspor. Italia merupakan mitra dagang utamanya. Remitan (pengiriman uang ke tanah air) dari warga Albania yang tinggal di Yunani dan Italia juga penting bagi perekonomian.

Bus dan kereta api adalah sarana transportasi umum di Albania. Kepemilikan pribadi atas mobil dianggap ilegal sampai tahun 1991. Jaringan kereta api Albania menghubungkan Tiranë dan Durres -kota pelabuhan utama negara- dengan sentra industri penting seperti Elbasan, Fier, Shkoder, dan Vlore. Sebuah bandara kecil di luar Tiranë menghubungkan Albania dengan beberapa negara Eropa.

Ibukota: Tiranë.

Bahasa resmi: Albania.

Area: 28.748 km2. Jarak terjauh – utara-selatan, 346 km; timur-barat, 145 km. Garis pantai, 282 km.

Populasi: Perkiraan – 3.248.000; kepadatan, 113 per km2; distribusi, 53% pedesaan, 47% perkotaan. Sensus 2011-2, 831,741.

Produk utama: Pertanian – Daging sapi, jagung, anggur, susu, kentang, gula bit, gandum. Pertambangan – kromit, tembaga, gasalam, petroleum. Manufaktur- semen, produk makanan, tekstil.

Mata uang: Lek.

Bentuk Pemerintahan: Demokrasi.

Iklim: Musim panas hangat, kering, dan nyaman, musim dingin basah di sepanjang pantai; moderat di pegunungan.

Komentar Anda