Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 29 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 29 Mei:

Kilas Balik Mei

1999: Pemerintah sipil dipulihkan di Nigeria ketika Olusegun Obasanjo terpilih sebagai presiden; konstitusi baru yang mulai berlaku pada hari yang sama memberikan wewenang yang lebih besar kepada pemerintah negara bagian dan lokal, yang memungkinkan negara-negara bagian dengan mayoritas Muslim di utara untuk mendirikan pengadilan Islam.

1973: Tom Bradley terpilih menjadi walikota keturunan Afrika pertama dari Los Angeles; ia menjabat selama lima tahun.

1953: Peternak lebah dari Selandia Baru dan seorang warga Sherpa Nepal menjadi dua orang pertama yang berdiri di puncak Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia.

1932: Bonus Army, kelompok yang terdiri atas 15.000 veteran Amerika Perang Dunia I, kebanyakan dari mereka menganggur dan miskin, berdemonstrasi di Mall di Washington, DC, menuntut pembayaran langsung dari bonus yang tidak dibayarkan sejak tahun 1945.

1913: Pertunjukan pertama balet Stravinsky, The Rite of Spring, yang ditampilkan oleh Ballets Russes de Serge Diaghilev, menyebabkan kerusuhan di teater Paris.

1848: Presiden AS James Polk menandatangani RUU yang membuat Wisconsin menjadi negara bagian AS ke-30.

1790: Rhode Island menjadi koloni terakhir dari 13 koloni yang meratifikasi Konstitusi Amerika Serikat.

1765: Patrick Henry, pada hari ulang tahun ke-29 nya, memperkenalkan serangkaian resolusi radikal pada Virginia House of Burgesses yang mencela Stamp Act.

1453: Mehmed II, Sultan Kekaisaran Ottoman, menaklukkan Konstantinopel Bizantium, yang ia bangun kembali menjadi ibukota Turki yang makmur, Istanbul.

Komentar Anda