Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 27 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 27 Mei:

Kilas Balik Mei

1999: Pengadilan Kejahatan Perang PBB mendakwa pemimpin Serbia, Slobodan Milosevic dan empat pemimpin Serbia lain atas pembunuhan dan deportasi massal di Kosovo dan kejahatan perang yang dilakukan selama Perang Yugoslavia.

1964: Jawaharlal Nehru, perdana menteri pertama India merdeka dan salah satu tokoh politik paling berpengaruh di negara itu pada abad ke-20, meninggal dunia.

1941: Kapal perang Jerman Bismarck yang menjadi kebanggaan angkatan laut Hitler, dicegat oleh gugus tugas Inggris dan tenggelam (atau mungkin ditenggelamkan) di hari-hari awal Perang Dunia II.

1937: Golden Gate Bridge yang berada di pintu masuk San Francisco Bay, di jantung sabuk gempa, dan salah satu jembatan yang paling terkenal di dunia, resmi dibuka.

1931: Penjelajah kelahiran Swiss, Auguste Piccard, dan rekannya Paul Kipfer melakukan penerbangan balon udara berawak pertama ke stratosfer, membuat rekor baru dengan ketinggian 15.781 meter.

1905: Klimaks Perang Rusia-Jepang terjadi ketika armada Rusia yang berlayar dari Baltik ke Laut Jepang bertemu dengan armada Jepang di bawah komando Laksamana Togo Heihachiro dalam Pertempuran Tsushima; pertempuran berakhir keesokan harinya dengan hancurnya armada Rusia.

1797: François Noël “Gracchus” Babeuf, seorang revolusioner radikal Perancis yang percaya bahwa era kesetaraan universal dapat dimulai dengan sebuah revolusi di mana semua milik pribadi akan dihancurkan oleh kediktatoran populer, tewas dipancung dengan pisau guillotine.

1199: John, putra bungsu Raja Henry II dan Eleanor dari Aquitaine, meneruskan tahta saudaranya, Richard I, menjadi raja Inggris.

Komentar Anda