Pengalaman Menggunakan Samsung Galaxy S4 Mini

Berikut adalah pengalaman pribadi dan komentar pengguna mengenai Samsung Galaxy S4 Mini Ketika ponsel ini keluar, saya sangat menaruh perhatian lebih pada dua hal: layar dan prosesor. Saya tidak akan mengulas spesifikasi lengkapnya secara mendetail, Anda dapat menemukan ulasannya di tempat lain.

Gambar Samsung Galaxy S4 Mini

Untuk layar, seperti kebanyakan orang, saya agak kecewa karena smartphone ini tidak memiliki resolusi 1280×720, yang setidaknya akan membuatnya mendekati kerapatan pixel saudaranya, Samsung Galaxy S4. Tapi resolusi S4 Mini, yakni 960×540, sebenarnya cukup lumayan karena kerapatan pixelnya 256 ppi (hampir sama dengan layar retina ipad, yakni 264 ppi), membuat teks terlihat lebih jelas. Warna tampak jelas dan layar sangat cerah, setidaknya nyaris seperti Galaxy S4.

Komentar umum mengenai prosesor S4 Mini (dual core, bukan quad core) hampir sama, yakni sangat responsif. Hanya sesekali saya mendapati ponsel ini nge-lag ketika memainkan game Temple Run 2. Jika Anda memasang gambar wallpaper standar, maka lag sangat jarang terjadi, namun memasang live wallpaper yang kompleks dan aplikasi lainnya membuatnya sering lag. Bagi saya ini bukan masalah serius karena saya hampir tidak pernah memainkan game Android, dan performa ponsel ini benar-benar mulus dan lancar.

Spesifikasi yang cukup baik ini membuat Samsung Galaxy S4 Mini sangat menyenangkan, namun seandainya beberapa spesifikasi yang saya disebutkan di atas dibenahi, maka ponsel ini bisa dianggap sempurna. Jika Anda bisa mendapatkan handset ini dengan harga yang tepat, Anda tak akan kecewa dengan apa yang ditawarkannya. Jika Anda sandingkan Galaxy S4 Mini dengan saudaranya yang lebih besar, Samsung Galaxy S4, maka perbedaan yang nampak adalah ketajaman teks dan masalah lag-nya saja.

Beberapa update favorit saya: saya membeli S4 Mini setelah memakai S3 Mini (saya menguji ketahanan air pada ponsel Android ini karena iPhone saya rusak setelah terkena tetesan air). Selain layarnya yang cukup mengesankan, hal-hal yang saya sukai adalah perangkat lunaknya. Saya sangat terkesan dengan kamera S4 Mini, terutama karena adanya modus kamera, salah satunya modus malam yang sangat baik. Modus ini bisa menghilangkan semburat cahaya tipis dari bidikan foto dalam cahaya redup dan warna gambar akan nampak sempurna, tidak terdistorsi lampu flash.

Kemampuan untuk mengatur foto dalam folder-folder cukup keren, di samping kunci layar (lock screen) terbarunya sangat bagus. Menggulirkan jari bagian atas layar akan membawa Anda langsung ke kamera, dan/atau widget yang sudah Anda pasang, misalnya pemutar musik. Anda juga dapat mengatur widget ini sebagai kunci layar default. Saya sarankan Anda untuk memasang lebih dari satu widget kunci layar per halaman. Adapun secara keseluruhan, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S4 Mini adalah sebagai berikut:

Kelebihan:

Warna benar-benar jelas dan layar sangat cerah
Modus kamera malam yang sangat baik
Bobot yang sangat kompak dan ringan
Prosesor yang kuat

Kekurangan:

Daya baterai kecil

*Pengguna: Clifford-J

Komentar Anda