Kehidupan Orang-orang di Republik Ceko

Sekitar 90 persen dari penduduk Republik Ceko terdiri atas bangsa Ceko. Sekitar 5 persennya adalah bangsa Moravia, dan sekitar 2 persennya adalah bangsa Slovakia. Sejumlah kecil orang-orang Jerman, Hungaria, Polandia, Romawi (Gipsi), Rusia, Silesia, Ukraina, dan Vietnam juga tinggal di Republik Ceko.

Orang Ceko

Sebelum Perang Dunia II (1939-1945), Cekoslowakia memiliki populasi Yahudi yang besar. Tapi hampir semua orang Yahudi dibunuh oleh Nazi selama perang berlangsung. Saat ini, hanya beberapa ribu orang Yahudi yang tinggal di Republik Ceko. Sebagian besar dari orang-orang Yahudi bertempat tinggal di Praha, yang memiliki rumah ibadat dan pemakaman Yahudi yang terawat baik.

Bangsa Ceko adalah keturunan dari suku bangsa Slavia yang menetap di wilayah tersebut sekitar tahun 500 M. Nama Bohemia berasal dari Boii, suku bangsa Celtic yang kemungkinan mendiami wilayah tersebut pada sekitar tahun 400 SM. Ada pemukiman Jerman yang besar di tempat yang sekarang menjadi Republik Ceko di sepanjang sejarah kawasan itu.

Bahasa resmi Republik Ceko adalah bahasa Ceska. Orang Moravia berbicara dalam bahasa Ceska yang sedikit berbeda dari yang diucapkan di Bohemia. Orang Slovakia berbicara dalam bahasa Slowakia, bahasa yang terkait erat dengan bahasa Ceska. Orang Romawi berbicara dalam bahasa Romany, yang termasuk dalam kelompok bahasa Indo-Iran. Kelompok minoritas lainnya menggunakan bahasa mereka sendiri di rumah, tetapi umumnya juga berbicara dalam bahasa Ceska.

Sebagian besar orang di Republik Ceko tinggal di kota-kota. Praha, ibukota negara, juga kota menjadi kota terbesar di Ceko. Kurangnya perumahan menjadi masalah yang serius di Republik Ceko. Sebagian besar orang di daerah perkotaan tinggal di gedung-gedung apartemen. Banyak dari bangunan ini berkualitas buruk dan dibangun selama era komunis. Polusi udara menjadi ancaman kesehatan di Republik Ceko, terutama di kota-kota besarnya. Alkoholisme, kejahatan, dan penyalahgunaan narkoba juga menjadi masalah serius di sana.

Pemerintah Ceko telah bekerja keras untuk memindahkan haluan negara dari ekonomi yang dikendalikan negara Komunis ke ekonomi yang didasarkan pada perusahaan swasta. Meskipun banyak gangguan tercipta karena pergeseran ini, orang-orang Republik Ceko masih memiliki salah satu standar hidup tertinggi di Eropa tengah dan timur pasca-Komunis. Sebagian besar keluarga Ceko memiliki mobil, lemari es, televisi, dan mesin cuci. Sedangan orang-orang di daerah pedesaan Ceko biasanya bekerja di sektor pertanian atau mengunjungi kota-kota atau pabrik terdekat untuk bekerja. Keluarga pedesaan sering tinggal di rumah keluarga tunggal.

Makanan dan minuman Ceko menyerupai kuliner Jerman. Daging babi adalah hidangan yang populer di sana, sebagaimana pangsit iris rebus dan acar kubis. Ikan kap dengan salad kentang adalah menu tradisional Natal. Kue apel adalah makanan penutup favorit di sana. Bir Ceko yang terkenal di dunia adalah minuman beralkohol utama yang dikonsumsi di Republik Ceko. Pabrik Plzeň menciptakan jenis bir pucat yang dikenal sebagai Pilsner. Beberapa anggur berkualitas tinggi juga dibuat di Moravia.

Bentuk rekreasi favorit di Republik Ceko antara lain menghadiri dan bermain dalam pertandingan sepak bola dan acara olahraga lainnya, serta menonton film dan televisi. Banyak orang berkumpul di pub untuk ngobrol, bermain game, dan minum. Kegiatan di luar ruangan yang digemari orang Ceko antara lain berkebun, hiking, dan olahraga musim dingin seperti ski dan skating.

Para penguasa Komunis Cekoslowakia mencoba mencegah orang-orang untuk menjalankan agamanya. Pada tahun 1990, pemerintahan baru Cekoslowakia memberikan kebebasan pada orang-orang untuk beragama secara penuh. Mayoritas penduduk Ceko masih menganut agama. Sekitar seperempat dari mereka memeluk agama Katolik Roma. Gereja aktif lainnya antara lain Gereja Ortodoks, Gereja Cekoslowakia Hussite, dan Czech Brethren. Populasi Yahudi juga bekerja keras untuk menghidupkan kembali budaya dan adat istiadat Yahudi.

Hukum Republik Ceko mengharuskan anak-anak untuk bersekolah selama sembilan tahun di sekolah dasar. Para siswa kemudian dapat melanjutkan ke sekolah kejuruan atau sekolah teknik sekunder, lembaga pelatihan guru, atau sekolah pendidikan umum. Charles University di Praha adalah salah satu universitas tertua di Eropa. Universitas ini didirikan pada tahun 1348. Perguruan tinggi lainnya terdapat di Brno, Olomouc, dan Opava.

One thought on “Kehidupan Orang-orang di Republik Ceko

Komentar Anda