Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 26 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 26 Mei:

Kilas Balik Mei

1948: Partai Nasional, yang dipimpin oleh Daniel F. Malan, terpilih sebagai partai penguasa di Afrika Selatan dan segera menerapkan kebijakan apartheid yang dirancang untuk menjamin supremasi kulit putih.

1940: Sebuah armada berisi 850 kapal militer, komersial, dan pesiar Inggris memulai evakuasi sekitar 350.000 tentara Inggris, Perancis, dan Belgia dari pelabuhan Perancis Dunkerque yang terjebak oleh serangan Jerman ke Perancis selama Perang Dunia II.

1896: Charles Dow memperkenalkan indeks pertama yang seluruhnya terdiri atas saham industri, yang mencakup 12 perusahaan, yang menjadi permulaan Dow Jones Industrial Average.

1868: Presiden Andrew Johnson dibebaskan oleh satu suara di Senat dalam proses pemakzulan presiden pertama dalam sejarah AS.

1863: Deposit emas terbesar di dunia ditemukan di Alder Gulch, barat daya Montana, yang segera menjadi kota tambang Virginia City.

1637: Sebuah pasukan tentara kulit putih bersama-sama dengan prajurit Mohegan dan Narragansett menyerang desa Pequot di Connecticut, membakarnya, dan membantai penduduknya; Perang Pequot, konflik besar pertama antara suku Indian dan orang kulit putih di New England, menjadi preseden brutal untuk perang Indian-kulit putih berikutnya.

1521: Martin Luther, yang menolak untuk menarik kembali pandangan agamanya di hadapan Diet Worms yang dipimpin oleh Kaisar Romawi Suci Charles V, dinyatakan terlarang oleh kekaisaran dan doktrin-doktrinnya dilarang oleh Edict of Worms.

Komentar Anda