Pengalaman Pribadi Menggunakan Samsung Galaxy S4

Ada banyak review teknologi Samsung Galaxy S4 di luar sana yang telah mengulas semua fiturnya secara menyeluruh, jadi saya akan meninjau poin-poin utama yang saya perhatikan.

Gambar Samsung Galaxy S4

Daya tahan baterai (dan cara menghemat baterai Samsung Galaxy S4):

Umur baterai Samsung Galaxy S4 ternyata mengejutkan. Saya pernah punya beberapa jenis ponsel seperti ini sebelumnya, beberapa tergolong canggih, namun kebanyakan memiliki daya tahan baterai yang sangat lemah. Saya sudah memiliki S4 ini selama hampir satu tahun dan daya tahan baterainya masih sangat baik. Saya mengecasnya tiap malam, tapi terkadang baterai S4 bisa tahan hingga dua hari penuh. Hal ini tentu saja dengan asumsi bahwa saya tidak bermain game full-screen, menyalakan layar dalam waktu yang lama, atau membuka Facebook (semua yang secara signifikan menguras baterai setiap smartphone).

Yang harus diketahui, sebagian besar fitur khusus Samsung seperti S-Voice, S-Beam, Air View, Multi-Window, Smart Scroll, NFC, Smart Pause, dan Smart Stay saya matikan. Namun saya tetap mengaktifkan fitur Air Gestures. Demikian pula dengan Bluetooth yang sering saya matikan kecuali jika sedang dibutuhkan. Di samping itu, saya juga menggunakan aplikasi Tasker yang secara otomatis menonaktifkan Wi-Fi ketika saya sedang tidak berada dalam jangkauan Wi-Fi, baik di rumah ataupun di tempat umum. Jika Anda tetap menyalakan Bluetooth sepanjang waktu, atau mengaktifkan WiFi di area yang mendapat “dukungan lokasi” yang disediakan oleh Google, maka daya tahan baterai akan berkurang hingga 25%.

Aplikasi dan fitur Samsung Galaxy S4:

Sebagaimana saran banyak orang mengenai handset ini, matikan sebagian besar aplikasi kecuali jika Anda ingin menunjukkannya ke teman. “Deteksi mata” yang digunakan dalam Smart Pause, Smart Scroll, dan Smart Stay tidak hanya menghabiskan baterai karena terus mendeteksi wajah dan mata, namun juga menyebabkan sedikit lemot dalam kondisi penggunaan normal.

Air View dan Multi-Window Galaxy S4 hanya bekerja dengan beberapa aplikasi, yang sebagian besar tidak pernah saya gunakan, sehingga tidak sebanding dengan daya baterai dan performa yang diperlukan untuk mengaktifkannya (terutama Air View yang menyedot daya lebih karena aplikasi ini akan terus mendeteksi jari bahkan sebelum Anda menyentuh layar).

Fitur Air Gesture sebenarnya cukup baik, tergantung apa yang Anda aktifkan, tapi semua yang melibatkan scrolling (pengguliran) atau pausing (memberhentikan sejenak) pada dasarnya tidak bekerja dengan baik. Saya sarankan untuk memakai aplikasi seperti WaveControl sebagai gantinya. Semua modus gulir dan pause hanya bisa bekerjad engan beberapa aplikasi saja, dan sebagian besar adalah aplikasi yang sangat jarang saya pakai.

Adapun fitur S-Voice Galaxy S4 masih sangat buruk karena tidak mampu mendeteksi hampir semua hal dengan benar serta memiliki seperangkat perintah yang sangat terbatas. Fitur wake-up otomatis juga menguras baterai sangat cepat dan membuat Anda harus mencharge ulang ponsel dua kali sehari bahkan ketika sedang tidak Anda gunakan.

Aplikasi kontak Galaxy S4 adalah salah satu peningkatan fitur dari Samsung yang memungkinkan integrasi kontak dari jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dll, serta mampu menggabungkan/memisahkan kontak dengan cara yang wajar. Namun fitur ini masih memiliki beberapa masalah, terutama dengan pemilihan sumber default untuk kontak gabungan yang ditimpa oleh data yang ter-update, sehingga kemungkinan Anda akan selalu melihat perubahan gambar kontak dari Facebook ketimbang dari Google+, terutama jika Facebook sering bersinkronisasi. Tapi hal sepele itu bisa diatasi dengan menyimpan gambar secara lokal dan memilih kontak lokal sebagai kontak default.

Aplikasi kalender Galaxy S4 juga telah ditingkatkan kemampuannya, yakni mampu mengintegrasikan semua sumber kalender Anda dengan baik dan menyediakan mekanisme yang baik untuk menetapkan semua event penting dari berbagai sumber kalender.

Namun, meskipun kebanyakan aplikasi Galaxy S4 sudah mumpuni dan memiliki kemampuan integrasi yang lebih baik dengan fitur-fitur Android, masih ada kekurangan yang menonjol, yakni launcher yang buruk (pengaturan layar awal, tampilan, dll). Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mendownload aplikasi gratis seperti Nova Launcher, Go Launcher EX, atau ADW Launcher (atau yang lainnya), menginstalnya, dan mengaturnya sebagai default. Setiap launcher (peluncur) di Google Play lebih baik daripada yang dibenamkan Samsung dalam smartphone ini.

Ukuran dan konstruksi Samsung Galaxy S4:

Samsung Galaxy S4 awalnya disebut-sebut memiliki “layar yang sangat besar”, meskipun lebih kecil dari Galaxy Note, dan memang demikianlah adanya. Layar S4 tergolong bagus dan besar, dengan resolusi layar yang sangat baik. Meski tidak sebagus dan setajam layar retina, tetapi layar S4 secara signifikan lebih besar.

Ponsel S4 sendiri terasa padat, dan lapisan logam di sekitar tepi luarnya memberikan kualitas premium yang tidak dimiliki ponsel-ponsel pendahulunya. Penutup baterainya terbuat dari plastik yang sangat tipis, hingga saya khawatir akan merusaknya ketika hendak memasang baterai dan kartu SIM di dalamnya untuk pertama kali. Tapi penutup ini ternyata sangat baik dan jauh lebih kokoh daripada yang saya perkirakan sebelumnya.

Layar S4 nyaris anti gores, dan tidak gampang retak bahkan dalam penggunaan kasar. Saya sengaja menjatuhkan ponsel saya dari atas tangga beton beberapa bulan yang lalu tanpa memakai casing pelindung apapun. Ternyata ponsel S4 saya hanya mengalami keretakan kecil di satu sudutnya, namun sama sekali tidak merusak layar dan retakannya tidak terasa ketika menggulirkan jari di atasnya. Setelah hampir satu tahun setelah saya jatuhkan tadi, lapisan logamnya mulai memudar, namun plastik putihnya tetap kuat.

Secara keseluruhan saya sangat menyarankan ponsel ini untuk orang yang mencari ponsel baru yang handal dan mumpuni, sebab Samsung Galaxy S4 lebih baik dari Samsung Note 3 dan smartphone berlayar besar sejenisnya.

Kelebihan:

Daya baterai besar dan tahan lama
Performa sangat cepat
Kualitas panggilan sangat jernih
Gesture Air cukup bagus
Layar bagus dan besar dengan resolusi yang sangat baik

Kekurangan:

S-Voice masih sangat buruk
Memori internal terbatas, hanya 16GB

User reviewer: LonnieMGreen

Komentar Anda