Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 25 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 25 Mei:

Kilas Balik Mei

1980: Letusan kedua Gunung St. Helena, gunung berapi muda yang aktif di Washington State yang pernah meletus pada tanggal 18 Mei, mulai membangun sebuah kubah vulkanik baru di kawah yang terbentuk pada letusan pertama.

1961: Presiden AS John F. Kennedy mengumumkan kepada Kongres bahwa “tujuannya, sebelum dekade ini berakhir, adalah mendaratkan manusia di bulan dan kembali ke bumi dengan selamat,” pertama ia meluncurkan Gemini dan kemudian program Apollo yang berhasil mencapai tujuannya.

1935: Atlet Amerika, Jesse Owens, membukukan catatan bersejarah dari track atletik dalam sehari: ia menyamai rekor dunia lari cepat 100 yard dengan catatan 9,4 detik, kemudian membukukan rekor baru dalam lompat jauh, yakni 8,13 meter, yang bertahan selama 25 tahun; ia juga mencetak rekor dalam lari cepat 220 yard dan lari halang rintang 220 yard dengan waktu masing-masing 20,3 detik dan 22,6 detik. Di hari yang sama, Babe Ruth, yang bermain untuk Boston Braves, memukul home run akhir (ke-714) di sepanjang karirnya.

1895: Dramawan Irlandia Oscar Wilde dihukum karena “tindakan tidak senonoh” dan divonis dua tahun penjara, selama dia menciptakan Ballad of Reading Gaol dan esai otobiografi De Profundis.

1810: Di Buenos Aires, sebuah pemberontakan menggulingkan rezim pemerintah Bonapartis dari Spanyol dan mendirikan junta atas nama raja Spanyol yang digulingkan, Ferdinand VII; hari ini dijadikan sebagai hari libur nasional di Argentina karena Spanyol tidak pernah bisa membangun kembali kewenangan langsung mereka di sana.

1085: Paus Gregory VII, yang memulai perjuangan panjang abad pertengahan yang disebut kontroversi penobatan antara gereja dan negara, meninggal dalam pengasingan di Salerno, setelah digulingkan oleh antagonis utamanya, Kaisar Romawi Suci Henry IV; Gregorius dikanonisasi pada 1606, dan peringatannya dirayakan pada hari ini.

Komentar Anda