Sistem Pemerintahan dan Politik Austria

Austria adalah sebuah republik federal yang terdiri atas sembilan provinsi: Burgenland, Carinthia, Lower Austria, Salzburg, Styria, Tyrol (atau Tirol), Upper Austria, kota Wina, dan Vorarlberg. Konstitusi Austria diadopsi pada tahun 1920. Semua warga negara Austria yang berusia 16 tahun atau lebih dapat berpartisipasi dalam pemilihan umum.

Pemerintah Austria

Presiden adalah kepala negara Austria. Rakyat memilih presiden untuk masa jabatan enam tahun. Presiden dapat menjabat hingga beberapa periode tetapi tidak lebih dari dua periode berturut-turut. Tugas presiden antara lain mengangkat duta besar, menandatangani perjanjian, dan mengangkat jabatan publik tertentu. Presiden juga bertindak sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata. Presiden tidak memiliki kekuasaan untuk menyatakan perang atau untuk memveto (menolak) undang-undang yang disahkan oleh parlemen Austria, Majelis Federal.

Kanselir dan Dewan Menteri menjalankan roda pemerintahan Austria. Kanselir (perdana menteri) berfungsi sebagai kepala pemerintahan. Umumnya, presiden menunjuk kanselir dari pemimpin partai politik dengan kursi terbanyak di Nationalrat. Nationalrat (Dewan Nasional) adalah salah satu bagian dari parlemen dua kamar. Dengan saran kanselir, presiden juga menunjuk anggota Dewan Menteri untuk memimpin departemen pemerintah. Kanselir dan Dewan Menteri menetapkan kebijakan pemerintah dan bertanggung jawab kepada Nationalrat. Nationalrat bisa memaksa kanselir dan Dewan Menteri untuk mengundurkan diri dengan menolak kebijakan mereka dalam mosi tidak percaya.

Majelis Federal terdiri atas dua kamar, Nationalrat (Dewan Nasional) dan Bundesrat (Dewan Federal). Anggota Nationalrat dipilih oleh rakyat untuk masa jabatan empat tahun. Tapi pemilu baru bisa dilakukan lebih cepat jika Nationalrat membubarkan diri, atau jika presiden membubarkannya dengan saran kanselir. Para anggota Bundesrat dipilih oleh sembilan Landtag (badan legislatif provinsi). Anggota Bundesrat bekerja selama Landtag yang memilih mereka tetap berkuasa. Jumlah anggota Bundesrat dari masing-masing provinsi bervariasi sesuai dengan populasi.

Pemerintah provinsi dan daerahRakyat di setiap provinsi memilih anggota Landtag untuk masa jabatan hingga lima atau enam tahun, tergantung pada provinsi. Setiap Landtag memilih gubernur provinsi tersebut. Provinsi-provinsi dibagi lagi menjadi lebih dari 2.000 kotamadya (unit pemerintah daerah). Pemilih di setiap kotamadya memilih sebuah dewan pemerintahan, yang memilih salah satu darinya menjadi walikota. Wina merupakan sebuah provinsi dan kotamadya. Dewan kota berfungsi sebagai legislatif provinsi, dan walikota berfungsi sebagai pemimpin kota.

Partai-partai politikDua partai politik menguasai sebagian besar kursi di Nationalrat. Mereka adalah Partai Demokrat Sosial Austria kiri-tengah dan Partai Rakyat Austria konservatif. Partai lain antara lain Partai Hijau Austria dan dua partai paling kanan, Aliansi Masa Depan Austria dan Partai Kebebasan Austria.

PengadilanMahkamah Agung adalah pengadilan banding tertinggi Austria dalam kasus perdata dan pidana. Mahkamah Konstitusi menentukan apakah suatu undang-undang konstitusional, dan Pengadilan Tata Usaha Negara adalah pengadilan tertinggi untuk kasus-kasus yang berkaitan dengan kegiatan instansi pemerintah. Empat pengadilan daerah mendengar banding atas keputusan yang dibuat oleh pengadilan yang lebih rendah. Berbagai pengadilan khusus menangani masalah-masalah remaja dan perselisihan perburuhan.

Komentar Anda