Serba-serbi Kopi yang Perlu Diketahui

Siapa tak suka minum kopi sambil mengudap kue di sore hari? Seduhan kopi yang nikmat ternyata tergantung dari jenis kopi, cara pengolahan, dan penyimpanannya. Berikut serba-serbi kopi yang perlu diketahui:

Bubuk Kopi

1. Ada dua jenis kopi di pasaran. Kopi yang dianggap berkualitas terbaik adalah jenis Arabica yang tumbuh di dataran tinggi. Sedangkan Robusta merupakan jenis kopi yang tumbuh di dataran rendah dan kualitasnya tak sebaik Arabica. Biasanya Robusta dijadikan bahan utama pembuatan kopi instan.

2. Kopi mudah menyerap kelembapan dan bau di sekitarnya. Pastikan membeli kopi dalam kemasan yang masih tertutup rapat untuk menjamin kesegaran aromanya.

3. Kopi dijual dalam bentuk biji, baik yang mentah atau yang dipanggang, dan dalam bentuk bubuk. Pilihlah yang masih berbentuk biji dan giling secukupnya. Kopi bubuk kurang berkualitas karena mudah kehilangan aroma.

4. Jika membeli kopi dalam bentuk biji, setelah digiling secukupnya dan simpan sisanya dalam bentuk biji di freezer dan dapat bertahan hingga satu tahun. Sedangkan untuk bentuk bubuk simpan dalam wadah tertutup dan hindarkan dari sinar matahari langsung.

5. Banyak alat pembuat minuman kopi, dari mulai alat kopi tetes hingga mesin kopi elektrik. Namun, menyeduh kopi langsung dengan air mendidih tetap menghasilkan kualitas terbaik. Gunakan air yang baru mendidih dan jangan pernah membuat minuman dari ampas kopi, karena kopi hanya untuk sekali seduh.

6. Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan kopi. Espresso adalah kopi hitam Italia dan disajikan dalam cangkir kopi mungil (demi-tasse). Cappuccino merupakan kopi hitam Italia yang diberi tambahan busa dari susu cair yang diuapkan (steamed milk). Sedangkan Café au Lait adalah kopi khas Prancis yang dicampur dengan susu cair dalam jumlah yang seimbang.

7. Nikmati kopi segera setelah dibuat agar aroma dan rasanya masih sempurna. Untuk pelengkap, acara minum kopi ini bisa disajikan bersama cake atau kue kering. Selamat menikmati kopi.

Komentar Anda