Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 23 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 23 Mei:

Kilas Balik Mei

1997: Ulama reformis, Mohammad Khatami, diangkat sebagai presiden Iran setelah menang dalam pemilihan presiden bebas pertama negara itu sejak tahun 1979.

1990: Republik Arab Yaman lahir dari penyatuan Yaman Utara, sebuah negara Islam tradisional, dengan Yaman Selatan, sebuah negara bekas komunis.

1949: Dasar Hukum (Grundgesetz) Republik Federal Jerman diumumkan secara resmi, melahirkan negara Jerman Barat; setelah Jerman bersatu pada tahun 1990, negara-negara bekas Jerman Timur menerima konstitusi dan hukum Jerman Barat tanpa kualifikasi yang signifikan.

1934: Clyde Barrow, seorang pembunuh dan perampok bank yang kisahnya telah didramatisasi dalam film Bonnie dan Clyde (1967), ditembak mati bersama pasangannya, Bonnie Parker, dalam penyergapan polisi di Louisiana.

1911: New York Public Library yang didirikan pada tahun 1895 dengan menggabungkan perpustakaan Astor dan Lenox dengan Tilden Trust, didedikasikan oleh Presiden William Howard Taft.

1873: Royal Canadian Mounted Police (RCMP), atau lebih dikenal sebagai Mounties, didirikan. RCMP adalah pasukan federal sekaligus pasukan polisi nasional Kanada.

1701: Bajak laut Inggris, Kapten Kidd, yang telah mencoba melakukan pembajakan dan pembunuhan, dieksekusi di London; hilangnya sebagian besar barang jarahan memunculkan legenda tentang harta karun yang terkubur.

1618: Kaum bangsawan Protestan Ceko mengisyaratkan pemberontakan mereka terhadap kekuasaan Habsburg dengan melemparkan tiga anggota dewan kerajaan dari jendela Prague Castle; Aksi defenestrasi Praha ini memulai Perang Tiga Puluh Tahun.

Komentar Anda