Mengapa Kucing Membawakan Anda Tikus?

Banyak pemilik kucing berpikir bahwa ketika kucing kesayangannya membawa seekor tikus ke dalam rumah, ia sedang nakal atau hanya melakukan hal-hal yang tak berarti. Namun, itu sebenarnya adalah tanda kasih sayang kucing terhadap pemiliknya.

Hadiah Tikus

Para ahli perilaku hewan sepakat mengatakan bahwa ketika kucing senang dengan pemilik dan keluarganya, ia ingin memberi tahu Anda tentang hal itu. Namun, karena kucing tidak bisa bicara, mereka terpaksa menunjukkan itu kepada kita lewat satu-satunya cara yang ia tahu, yakni dengan membawakan sebuah hadiah, dalam hal ini seekor tikus.

Ketika kucing Anda membawa tikus atau hewan kecil lain, usahakan jangan memarahi atau menghardik kucing itu. Sebab, kucing tidak mengerti cara hidup manusia. Anda harus menghargai kucing karena melakukan hal yang benar, tapi jangan menghukumnya karena melakukan hal yang salah. Jadi, jika Anda marah pada kucing yang membawakan Anda tikus, kemungkinan besar Anda akan melukai perasaannya, bukan mengajarinya sesuatu.

Sebaliknya, saat kucing sedang mencari “persembahan” tikus untuk Anda, ambillah seekor tikus dan letakkan di tempat sampah di lantai. Kucing akan mengasosiasikan hal ini dan akan berpikir bahwa tempat sampah adalah tempat yang Anda pilih untuk menerima hadiah. Jika kucing sedang tidak mencari tikus, Anda dapat membuang tikus itu dengan cara apapun yang Anda sukai. Kucing hanya akan menganggap Anda sudah memakan tikus yang “lezat” itu.

One thought on “Mengapa Kucing Membawakan Anda Tikus?

  • 10/08/2015 at 11:23 am
    Permalink

    Tau juga haiwan membalas budi. Teringat kucing saya pernah membawa merbuk, merpati dan sejenis burung lagi (tak tau namanya)pulang ke rumah. Tidak pula dibunuhnya!

    Reply

Komentar Anda