Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 22 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 22 Mei:

Kilas Balik Mei

2004: Manmohan Singh dilantik sebagai perdana menteri India dari ras Sikh (dan non-Hindu) pertama setelah memperoleh kemenangan suara yang mengejutkan dalam Kongres Nasional India.

1979: Joe Clark memimpin partainya, Progresif Konservatif, menang atas kaum Liberal dan pada usia 39 tahun menjadi perdana menteri termuda dari Kanada; ia memegang jabatan itu hanya sembilan bulan sebelum Pierre Elliott Trudeau dan partai Liberal kembali berkuasa.

1967: Public Broadcasting Service mulai menyiarkan program anak-anak Mister Rogers’ Neighborhood; program ini tetap ditayangkan sampai Agustus 2001, ketika Fred Rogers menutup kardigannya untuk terakhir kalinya.

1960: Gempa bumi skala 9.5 ritcher di selatan Chili tengah terjadi dan menjadi gempa bumi paling kuat yang pernah dicatat sejarah; gempa ini menghasilkan tsunami yang menyebabkan sekitar 2.000 orang tewas dan kerusakan yang luas tidak hanya di Chili tetapi juga di Hawaii, Filipina, dan Jepang.

1885: Victor Hugo, sastrawan terkemuka Perancis pada abad ke-19, meninggal dunia; ia dimakamkan dalam upcara kenegaraan, dan tiga juta orang mengikuti iring-iringan jenazahnya hingga ke Panthéon, Paris, di mana ia dikebumikan.

1819: Kapal uap Savannah berlayar dari Savannah, Georgia; 28 hari kemudian kapal ini telah mencapai Liverpool, Inggris, menjadi kapal bertenaga uap pertama yang menyeberangi Samudera Atlantik.

Komentar Anda