Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 20 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 20 Mei:

Kilas Balik Mei

2002: Timor Timur, bekas koloni Portugis yang kemudian menjadi bagian dari Indonesia, menjadi negara yang merdeka; José Gusmão diangkat menjadi presiden pertama.

2000: Chen Shui-bian menjabat sebagai presiden Taiwan, mengakhiri 51 tahun kekuasaan Kuomintang.

1989: Dengan lebih dari satu juta orang per hari berdemonstrasi di Lapangan Tiananmen di Beijing, pemerintah China menyatakan darurat militer, menjadi latar belakang tindakan keras yang terjadi dua minggu kemudian.

1941: Dengan tampilan yang kuat dari taktik udara ofensif selama Perang Dunia II, 3.500 pasukan Jerman diturunkan di pulau Kreta; sebagian besar gelombang pertama tewas, namun penurunan kedua dengan cepat membuat tentara Inggris di pulau itu kewalahan.

1927: Charles Lindbergh lepas landas dari Roosevelt Field, Long Island, NY, dalam penerbangannya ke kapal Paris The Spirit of St Louis; ini adalah penerbangan transatlantik solo nonstop pertama.

1862: Homestead Act disahkan oleh Kongres AS, menghibahkan 65 ha lahan publik di Barat sebagai rumah untuk “setiap orang yang menjadi kepala keluarga, atau yang telah berusia dua puluh satu tahun, dan merupakan warga negara Amerika Serikat, atau yang akan mengajukan diri dan memenuhi syarat.”

1834: Marquis de Lafayette, yang disebut sebagai pahlawan dua dunia atas peran-perannya baik dalam Revolusi Amerika maupun Revolusi Prancis, meninggal di Paris.

1498: Penjelajah Portugis, Vasco da Gama, mencapai Kalikut, India, membuka rute laut ke negara itu dari Eropa dengan melewati Tanjung Harapan.

Komentar Anda