Mengatasi Kucing yang Suka Makan Tanaman

Banyak pemilik kucing frustrasi karena mengetahui tanaman hiasnya yang berharga dimakan kucing. Dan pemilik kucing seringkali mendapati binatang kesayangannya ini batuk-batuk setelah menguyah rumput atau tanaman lain yang mereka temui di sekitar rumah atau halaman.

Masalah kucing yang suka makan tanaman hias terjadi hampir secara universal. Tapi apa yang harus dilakukan jika binatang peliharaan lucu ini menyantap tanaman indoor Anda? Dan bagaimana cara melindungi tanaman agar tak dimakan kucing?

Kucing Makan Tanaman

Mengapa kucing makan tanaman?

Menurut ASPCA, kebiasaan kucing mengunyah tanaman hijau sangat umum dan normal, setidaknya untuk beberapa alasan. Bisa jadi kucing sedang bermain-main, dan daun yang terombang-ambing karena angin begitu menggoda untuk dikunyah. Beberapa kucing mengetahui perilaku apa yang tidak Anda sukai dan ia mencoba mencari perhatian Anda dengan cara melakukan hal-hal yang tidak Anda senangi. Terdengar tak asing bukan?

Secara alamiah, anak kucing suka bermain-main. Daun dan tanaman merambat di pot yang menjuntai ke lantai menarik kucing untuk mengeksplorasinya. Karena tanaman sifatnya tidak stasioner (daun dan bunga bisa bergerak-gerak), daya tariknya berbeda dari benda keras yang dapat menghibur kucing selama berjam-jam. Setidaknya tanaman akan menarik bagi kucing sampai ia menggerogoti semua daunnya. Tapi kucing yang terus-menerus memakan tanaman bisa saja menderita berbagai jenis gangguan yang harus diselidiki lebih lanjut.

Gangguan yang menyebabkan kucing makan tanaman

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hewan peliharaan makan makanan yang salah:

– Perilaku kompulsif

Apakah Anda pernah melihat orang yang menggigiti jari-jarinya, menggaruk-garuk kepala, atau melakukan hal-hal lain saat gelisah? Kucing tidak berbeda. Seekor kucing dengan kompulsif akan menunjukkan hal itu melalui gerakan, atau melalui perilaku lain, seperti makan makanan yang salah.

– Pica

Jika kucing Anda secara teratur makan benda-benda mati seperti potongan mainan, tali, gelang karet, atau benda non-makanan lainnya, bisa jadi kucing mengidap “pica”. Penderita pica (baik manusia ataupun kucing) akan memakan benda-benda aneh yang tidak biasa dimakan. Beberapa orang biasa mengunyah pensil (dan sedikit menelannya), atau menggigiti serpihan kulit mereka dan memakannya.

Karena kucing tidak dapat menentukan benda apa yang berbahaya untuk dimakan, maka kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah besar jika ia mencerna sesuatu yang bisa menyumbat saluran pencernaannya.

Apa yang harus dilakukan?

Jika kucing Anda terbiasa mengunyah tanaman di halaman atau rumah Anda, biarkan dokter hewan yang memeriksanya. Hal pertama yang mungkin dilakukan dokter adalah melakukan beberapa tes untuk mengetahui apakah ada kekurangan gizi dalam makanan kucing.

Dokter hewan mungkin juga menyarankan Anda untuk menghubungi seorang spesialis perilaku hewan peliharaan. Hal ini mungkin terdengar sedikit ekstrim, tetapi orang yang menguasai perilaku hewan dapat memberikan strategi yang tepat untuk melatih kucing.

Tindakan pencegahan

Jika memungkinkan, pindahkan tanaman dari jangkauan kucing (atau setidaknya ke tempat yang kurang menarik). Letakkan tanaman di tempat di mana kucing tidak bisa atau tidak diizinkan masuk, atau di rak di luar jangkauan lompatan kucing. Jika Anda melihat kucing masih suka bermain-main dengan tanaman, alihkan perhatiannya dengan aktivitas lain untuk membantunya menghindari bahaya.

Tanaman Beracun

Periksa tanaman hias di rumah atau halaman Anda untuk memastikan tidak ada tanaman yang beracun. Tanaman yang dapat menjadi racun bagi kucing cukup banyak, sebagian besar adalah tanaman atau bunga hias yang umum dipelihara.

Schefflera, misalnya, dapat menyebabkan iritasi mulut, peradangan pada mulut, muntah, dan reaksi lainnya. Krisan, tanaman yang sangat umum dijadikan hiasan rumah, juga bisa menyebabkan iritasi lambung. Jika Anda memiliki English Ivy (atau salah satu dari banyak variasinya) tumbuh di sekitar halaman, dinding, atau pagar, kucing bisa menderita diare dan sakit usus parah jika ia memakannya. Lili juga sangat beracun, jika Anda memeliharanya, berhati-hatilah jika Anda juga memiliki seekor kucing. Kucing bisa menderita kerusakan ginjal jika ia makan tanaman indah ini.

Komentar Anda