Hal-hal yang Menyebabkan Anjing Menjadi Agresif

Jika Anda memiliki anjing yang agresif, perhatikanlah ulasan berikut ini. Faktor yang paling penting dalam mengurangi perilaku agresif anjing adalah faktor manusia. Artinya, jangan menempatkan anjing Anda pada situasi di mana ia dapat menjadi agresif.

Berikut adalah beberapa pemicu agresi anjing yang perlu diketahui:

anjing marah

Status reproduksi, sebagian besar serangan dan gigitan anjing dilakukan anjing jantan yang tidak dikebiri atau anjing betina yang sedang bersama anaknya.

Anjing yang dilatih untuk bertarung.

Anjing pelindung yang dilatih untuk bereaksi dan melindungi dalam situasi dan dengan cara apapun.

Kurangnya sosialisasi, terutama pada usia dini.

Temperamen individual anjing, bagaimana perilakunya ketika ia bersama saudara seinduknya?

Kondisi genetik, seperti sindrom marah cocker spaniel.

Usia dan kondisi fisik korban.

Anjing yang longgar, berkeliaran, tanpa pengawasan.

Anjing yang dirantai.

Pengabaian, penyalahgunaan, dan kekerasan pada anjing.

Kurang percaya diri, anjing yang ketakutan akan bereaksi secara berlebihan ketimbang anjing yang percaya diri.

Berada di tempat yang salah pada waktu yang salah.

Semua situasi di atas memiliki potensi untuk menyebabkan hal-hal buruk terjadi. Namun, jika dilatih dengan benar dan anjing tidak diperlakukan dengan buruk, sebagian besar ahli setuju bahwa serangan anjing tidak akan terjadi.

Tidak ada jenis anjing yang menyerang tanpa alasan. Ada sesuatu yang salah atau hal yang terjadi yang tidak dimengerti anjing ketika ia melakukan serangan. Hal ini bisa juga karena sikap abai dan kurangnya tanggung jawab dari sang pemilik. Misalnya, banyak serangan terhadap anak-anak dan statistik gigitan berasal dari anjing yang ditinggalkan sendirian dengan anak-anak. Dalam kasus lain, anak-anak dibiarkan berkeliaran di sekitar anjing ketika ia sedang makan.

Situasi ini sebenarnya harus diperhatikan dengan seksama. Anjing bukan manusia, mereka juga bukan pengasuh anak. Anjing adalah hewan dengan naluri alami untuk melindungi dirinya sendiri dan makanannya. Latihan tentu saja dapat mengajarkan anjing untuk mengekang naluri dan menjadi peliharaan yang baik.

Komentar Anda