10 Fakta Menarik Tentang John Travolta

John Travolta merebut perhatian publik setelah memerankan karakter angkuh Vinnie Barbarino dalam serial televisi, Welcome Back, Kotter (1975). John Joseph Travolta lahir di Englewood, New Jersey, pada 18 Februari 1954. Kiprahnya sebagai salah satu aktor papan atas Hollywood tak perlu diragukan lagi. Berikut 10 fakta unik mengenai pria yang biasa disapa “Bone” ini.

John Travolta

1. Secara tidak langsung, Richard Gere berhutang budi pada John Travolta. Travolta menolak beberapa peran besar yang diberikan padanya, yakni dalam film Days of Heaven (1978), American Gigolo (1980), An Officer and a Gentleman (1982), dan Chicago (2002), yang semuanya diberikan pada Gere dan membesarkan namanya.

2. John Travolta menikahi Kelly Preston dua kali. Pernikahan pertama mereka yang terjadi pada tanggal 5 September 1991 dan dipimpin oleh seorang pendeta Scientology Perancis, dinyatakan ilegal. Pasangan ini bertemu saat pembuatan film The Experts (1989).

3. Travolta mahir mengendarai segala jenis pesawat jet. Salah satu peristiwa yang terkenal adalah pendaratan suksesnya di Gulfstream IIB, Washington National, meskipun mesin pesawat yang ditumpanginya mengalami kerusakan listrik. Kondisi saat itu (Desember 1993) adalah malam hari dan penuh es.

4. Pernah menandatangani kontrak untuk memerankan karakter musisi pentolan the Doors, Jim Morrison pada awal 1980-an, namun akhirnya batal karena permasalahan hukum.

5. Sutradara film Rambo: First Blood Part II (1985) mempertimbangkan untuk menduetkan Sylvester Stallone dan John Travolta dalam film itu sebagai partner muda Rambo dalam menyelamatkan tentara sandera Amerika. Namun Stallone keberatan dan memutuskan bahwa film ini akan jadi lebih baik sebagai film solonya.

6. Travolta juga bekerja sebagai musisi dan telah merilis beberapa album. Pria berdagu belah ini mengungkapkan bahwa satu-satunya lagu yang menginspirasinya adalah lagu instrumental berjudul Dreamstreet karya Patrick Rondat.

7. Travolta pernah memiliki real estate dengan tiga kamar tidur di depan pantai, di Oahu, Hawaii 1986-2005. Ia dan istrinya, Kelly Preston, menjualnya kepada Kathy Ireland sebesar 3 juta dolar.

8. John Travolta mengaku mendapat inspirasi untuk aktingnya dari sederet aktor kenamaan Hollywood, seperti James Cagney, Al Pacino, dan Robert De Niro. James Cagney adalah aktor favoritnya.

9. Ia dijadwalkan memerankan karakter utama dalam The Double, sebuah adaptasi novel Fyodor Dostoevsky tentang seorang pria yang hidupnya dikuasai oleh doppelganger, atau penampakan ganda seseorang yang masih hidup. Ia dibayar 17 juta dolar AS dan syuting pertama sudah dimulai di Paris pada bulan Juni 1996. Hanya beberapa hari sebelum pengambilan gambar utama akan dimulai, Travolta terbang kembali ke AS setelah bertengkar dengan sang sutradara, Roman Polanski, atas dugaan perubahan script dan film itu tak jadi dibuat tak lama kemudian.

10. Meskipun Travolta sering berperan sebagai orang Amerika keturunan Italia dan memiliki darah Italia, ia mengakui bahwa keluarganya memiliki darah Irlandia lebih banyak dan ia dibesarkan dengan budaya Irlandia.

Komentar Anda