Peristiwa Penting yang Terjadi pada Tanggal 19 Mei

Kilas Balik – Berikut adalah beberapa kejadian besar dalam sejarah yang terjadi di seluruh dunia pada tanggal 19 Mei:

Kilas Balik Mei

1924: Kongres AS meloloskan UU Kuota Darurat, yang menetapkan sistem kuota negara asal imigrasi yang sangat menguntungkan orang Eropa utara dan barat dari semua kelompok lain.

1909: Balet Russes de Serge Diaghilev baru dibentuk, terdiri hampir seluruhnya atas emigran Rusia, memulai debutnya di Paris dan mencapai kesuksesan instan; perusahaan balet ini menyajikan banyak balet yang masih ada dalam repertoar dunia sampai sekarang.

1798: Napoleon Bonaparte berlayar dengan lebih dari 35.000 tentara di atas 350 kapal menuju Alexandria, Mesir, untuk menduduki negara itu dalam rangka mengancam British India.

1643: Dalam pertempuran besar terakhir dari Perang Tiga Puluh Tahun, Perancis di bawah Louis II, Prince de Condé, mengalahkan Spanyol dalam Pertempuran Rocroi; pertempuran ini menandai berakhirnya kekuasaan militer Spanyol.

1940: Maurice Gustave Gamelin, komandan pasukan Sekutu asal Perancis di front barat pada tahap awal Perang Dunia II yang tidak mampu melawan invasi Jerman, digantikan; Nazi akan mendirikan pemerintahan Vichy di Perancis saat itu.

1536: Anne Boleyn, istri kedua Henry VIII dari Inggris, dipenggal kepalanya. Henry membunuh istrinya karena ia tidak bisa melahirkan anak laki-laki sebagai ahli waris kerajaan.

Komentar Anda