Fakta-fakta Unik Tentang Kecoa

Mengapa kecoa mati terbalik?

Mungkin banyak orang bertanya-tanya mengapa kecoa terbalik ketika ia mati (kecuali jika memang sengaja diinjak ketika berjalan). Tentu hal ini menarik untuk dipertanyakan. Berikut adalah penjelasan sederhananya.

kecoa lucu

Kecoa memiliki tubuh yang besar (tersusun dari 3 segmen tubuh yang berat) dan hanya didukung oleh 6 kaki yang panjang dan tipis. Ketika mati, ia kehilangan kekuatan ototnya, menyebabkan otot-otot kakinya berkontraksi. Akibatnya, kakinya terpaksa ditarik ke bawah tubuhnya sehingga ia kehilangan keseimbangan dan roboh terbalik. Ini juga menjelaskan mengapa kecoa yang sedang sedang merangkak di dinding jatuh ketika ia disemprot dengan insektisida.

Apakah kecoa selalu mati terbalik?

Tidak. Masih ada kemungkinan kecoa mati tanpa terbalik. Namun, serangga jenis ini memiliki kekhasan tersendiri, yakni saat sekarat ia akan mengalmi kontraksi otot dan akhirnya mati secara terbalik.

Kelemahan kecoa

Kecoa dikenal sebagai hewan yang tangguh. Ia bahkan dapat bertahan hidup dari ledakan nuklir. Di rumah, kita terkadang kesulitan untuk membasmi kecoa. Jadi, mari pelajari apa yang bisa melenyapkan kecoa:

Pestisida dan insektisida adalah salah satu solusi paling nyaman yang bisa kita gunakan.

Asam borat atau boraks dianggap efektif dalam membunuh kecoa. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa zat ini adalah kelemahan utama kecoa. Campurkan borax dengan tepung dan sebarkan ke seluruh rumah untuk melenyapkan kecoa dari rumah sepenuhnya.

Fakta-fakta menarik lainnya tentang kecoa

Kecoa tidak mudah tenggelam, dan bahkan dapat bertahan hingga 30 menit atau lebih di bawah air.

Sebagian besar spesies kecoa hidup di daerah tropis (seperti Indonesia dan Filipina)

Kecoa sebenarnya sangat menyukai lem. Lem adalah makanan favoritnya.

Sebagian besar kecoa Amerika adalah imigran.

Kecoa masih bisa bertahan hidup tanpa kepala. Baik tubuh maupun kepalanya masih akan mampu merespon stimulus melalui reaksi kecil seperti menggeliatkan antena dan kaki. Namun, bagian kepala dapat bertahan hanya selama beberapa jam, sementara bagian tubuh dapat bertahan hingga beberapa minggu.

Kecoa bisa bertahan hidup tanpa makanan selama satu bulan, tetapi hanya akan bertahan satu minggu tanpa air. Oleh karena itu, hal paling penting yang dibutuhkan kecoa adalah air, bukan makanan.

Kecoa memiliki enam kaki berbulu, dan bulu itu menjadi indera sentuhan.

Kecoa betina kawin hanya sekali dan hamil selama sisa hidupnya.

Kecoa pada dasarnya bisa makan segalanya karena ia memiliki berbagai macam bakteri dan protozoa dalam sistem pencernaannya.

One thought on “Fakta-fakta Unik Tentang Kecoa

  • 05/23/2015 at 2:17 pm
    Permalink

    apa betul didalam kecoa terdapat 25-50 anak kecoa?
    terimakasih 😉

    Reply

Komentar Anda